HOME » BERITA » MEWAKILI BALI, MBALL DIGITAL SUKSES TEMBUS FINAL FESTIVAL KREATIF LOKAL 2020

Mewakili Bali, Mball Digital Sukses Tembus Final Festival Kreatif Lokal 2020

Yuk, intip profil Mball Digital selengkapnya berikut ini.

Kamis, 05 November 2020 07:00 Editor : Iwan Tantomi
credit via instagram kavabali

OTOSIA.COM - Festival Kreatif Lokal 2020 memasuki babak final. Dalam babak ini, setidaknya sudah ada 18 finalis terpilih dari berbagai kategori. Salah satu finalis kategori fotografi yang menarik perhatian adalan Mball Digital. Bukan hanya dari segi nama, keunikan mereka juga hadir dari dampak yang diberikan kepada masyarakat sekitar.

Tak heran dengan keunikan yang mereka miliki, juri memberikan kesempatan Mball Digital masuk ke final Festival Kreatif Lokal 2020. Lantas, seperti apa usaha hingga sepak terjang usaha UMKM asal Bali ini? Yuk, intip profil Mball Digital selengkapnya berikut ini.

Bermula dari Usaha Gratis

Mball Digital berasal dari "manusia digital", didirikan oleh Muhammad Agus Mahardika yang berasal dari Jimbaran, Bali. Awalnya Agus memberikan usaha foto secara cuma-cuma. Selain karena fotografi adalah bagian dari bidang yang amat digemarinya, ia juga ingin membantu UMKM lokal dengan memberikanfree shot.

Bantu UMKM Lokal Bali Go-Digital

Seiring perkembangannya, Mball Digital terus tumbuh dan berkembang dengan sukses. Meski begitu, niat awal usaha untuk membantu UMKM lokal di Bali tak hilang begitu saja. Lebih-lebih di masa pandemi saat ini. Bahkan, Mball Digital telah memberikan fasilitas gratis untuk para umkm dan UKM seperti exposure barter dan memberikan mereka free iklan di instastory setiap harinya, serta berusaha selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk para UMKM dan UKM yang sangat membutuhkan sehingga dapat membantu pemasaran usaha mereka agar go-digital, lebih-lebih di masa pandemi.

Dampak Bagi Masyarakat Sekitar

Berkat usaha ini, Mball Digital pun kini telah memberikan dampak yang besar bagi masyarakat sekitar. Seperti membentuk workshop via zoom untuk UMKM baru dengan tema digital marketing di Bali. Kemudian, mempekerjakan daily worker dari kalangan mahasiswa yang tiap project-nya digaji dengan kisaran Rp800.000,- s/d Rp1.500.000,- untuk MUA, Lighting dan Runner atau maksimal Rp2.500.000,- tiap project pengerjaannya maksimal 2-3 hari.

Tak hanya itu, Mball Digital juga mengadakan workshop via zoom dengan UMKM baru tentang "How to brand your product with digital marketing" yang hasilnya digunakan untuk penggalangan dana bagi para Ojol. Berkat usaha dan dampak positif yang diberikan, kini Mball Digital dapat meraup omzet hingga Rp60 juta per bulan.

Adapun harapan Mball Digital mengikuti Festival Kreatif Lokal 2020 ini sendiri, agar usaha ini menjadi pioneer dan contoh untuk usaha lokal digital marketing lainnya bahwa kita mampu dan berpotensi untuk dilirik oleh semua agency. Cek usaha Mball Digital lewat akun instagram @kavabali.

Festival Kreatif Lokal 2020 adalah kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Adira Finance bekerjasama dengan Kemenparekraf RI bertemakan #BangkitBersamaSahabat yang diadakan mulai Agustus 2020 hingga Januari 2021 mendatang. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan Adira Finance terhadap program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia.

(kly/tmi)

BERI KOMENTAR