HOME » BERITA » MINAT PAKAI SOLAR B30, PERHATIKAN BENDA SATU INI

Minat Pakai Solar B30, Perhatikan Benda Satu Ini

Filter bahan bakar menjadi benda yang wajib diperhatikan ketika kendaraan menenggak solar B30. Pasalnya banyak salah kaprah filter dibuat jebol agar tidak menyumbat.

Sabtu, 10 Juli 2021 20:15 Editor : Nazarudin Ray
Minat Pakai Solar B30, Perhatikan Benda Satu Ini
Ilustrasi kendaraan niaga Isuzu bisa pakai solar B30 (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Kehadiran bahan bakar solar B30 di tengah masyarakat merupakan fenomena menarik. Produksi kandungan biosolar terserap masyarakat, di sisi lain lingkungan menjadi lebih bersih apalagi bagi mesin diesel.

Solar B30 adalah bahan bakar dengan kandungan 30 persen minyak nabati. Isu soal gel menjadi menarik tetapi terjadi di kondisi tertentu dan didiamkan dalam waktu yang lama. Di sisi lain, B30 juga punya sifat melarutkan sehingga ikut membersihkan kerak.

1 dari 2 Halaman

Lantas apa problem yang mungkin muncul saat kendaraan kita, baik pribadi maupun niaga, menggunakan B30?

Kandungan air dan efek dari pembersihan kerak membuat kadar bahan bakar yang akan masuk ke mesin tidak sesuai. Apalagi jika mesin bersistem injeksi. Di sinilah filter bahan bakar penting diperhatikan.

"Filter harus lebih sering diganti," ujar Instruktur Project Training Center PT Isuzu Astra Motor Indonesia Thomas A Wijanarka dalam sebuah kesempatan.

2 dari 2 Halaman

Fatalnya, ketidaktahuan pengguna kadang membuatnya mengambil tindakan yang salah. Filter bahan bakar yang serharusnya berfungsi optimal dan harus diganti pada masa pemakaian tertentu justru dibuat jebol.

"Filter bahan bakar justru dijebolkan karena dikira tersumbat," kata Thomas menyayangkan.

Di sinilah, edukasi mengenai penggunaan B30 apalagi untuk mesin-mesin diesel canggih seperti di Isuzu menjadi perhatian tersendiri. Sebagai suguhan spesial pengguna Isuzu, mereka memiliki Training Centre bagi para pengemudi perusahaan pengguna merek Isuzu.

BERI KOMENTAR