HOME » BERITA » MINI COOPER VERSI LISTRIK TERNYATA LARIS MANIS

MINI Cooper Versi Listrik Ternyata Laris Manis

Antusiasme masyarakat pada mobil listrik MINI Cooper ternyata cukup tinggi, terbukti dari pemesanannya yang mencapai ribuan unit.

Rabu, 14 Agustus 2019 16:15 Editor : Cornelius Candra
MINI Cooper Versi Listrik Ternyata Laris Manis
MINI Cooper SE (MINI)

OTOSIA.COM - Pada pertengahan Juli 2019 lalu MINI secara resmi merilis mobil listrik pertamanya, MINI Cooper SE. Dengan demikian, pemesannnya pun turut dibuka.

Di dalam media lokal jerman FAZ Newspaper, Project Manager MINI Electric, Elena Elder mengatakan bahwa pemesanan MINI Cooper SE telah mencapai 45.000 unit.

"Sejauh ini, kami telah menerima pemesanan sebanyak 45.000 unit, sebagai bentuk dari ketertarikan," ujar Elena.

Mobil listrik pertama MINI itu akan tiba di dealer pada tahun 2020 mendatang. Di Inggris, booking fee MINI Cooper SE ini hanya GBP500 atau sekitar Rp8,5 jutaan (Kurs GBP1 = Rp17.145).

1 dari 2 Halaman

Spesifikasi MINI Cooper SE

MINI Cooper Versi Listrik Ternyata Laris ManisSpesifikasi MINI Cooper SE

Secara fisik, MINI tetap mempertahankan ciri khasnya. City car asal Inggris ini memiliki 3 pintu, headlight bulat dengan LED DRL, spion yang melengkung halus, atap seperti mengambang, serta taillight dengan motif bendera Inggris.

motor listrik MINI Cooper SE mampu menghasilkan tenaga sebesar 181 hp dengan torsi 270 Nm. Hanya saja, dapur pacu yang diadopsi dari BMW i3s itu dikawinkan dengan sistem penggerak roda depan atau FWD (Front-wheel drive).

/

Dengan performa tersebut, MINI Cooper SE tak bisa dianggap remeh. Mobil listrik ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam 7,3 detik dengan kecepatan maksimal 150 km/jam.

Untuk menyokong motor listriknya, MINI Cooper SE dibekali baterai lithium-ion yang terdiri dari 12 modul. Komponen ini memiliki kapasitas 32,6 kWh dan terletak di bawah lantai mobil serta jarak tempuhnya mencapai 235 - 270 km.

2 dari 2 Halaman

Interior MINI Cooper SE

MINI Cooper Versi Listrik Ternyata Laris ManisInterior MINI Cooper SE

Dapur pacu MINI Cooper SE dilengkapi dengan 4 mode berkendara, yaitu Mid, Green, Gree+, dan Sport. Keempatnya mengatur akselerasi dan pengendalian mobil tersebut.

Interior mobil listrik ini tak jauh berbeda dengan MINI Cooper kebanyakan. Terpasang kemudi dengan berbagai tombol, instrumen panel TFT, dan head-unit bulat khas anak perusahaan BW Group itu di tengah dashboard.

/

Yang menarik adalah gril depan serta peleknya. Kedua komponen tersebut tampak modern dan kental dengan nuansa kendaraan ramah lingkungan, terlebih berkat warna flourescent green.

Di Jerman, MINI Cooper SE dijual dengan harga EUR32.500 yang setara Rp516 jutaan. Sedangkan di Inggris, mobil listrik ini dibanderol GBP27.900, sekitar Rp478 jutaan (EUR1 = Rp15.894).

BERI KOMENTAR