HOME » BERITA » MIRIP MOBIL, HARLEY-DAVIDSON PATENKAN ADAPTIVE CRUISE CONTROL

Mirip Mobil, Harley-Davidson Patenkan Adaptive Cruise Control

Harley-Davidson patenkan teknologi canggih adaptive cruise control seperti pada mobil.

Kamis, 19 September 2019 15:15 Editor : Cornelius Candra
Mirip Mobil, Harley-Davidson Patenkan Adaptive Cruise Control
Harley-Davidson Road Glide 2020 (Totalmotorcycle.com)

OTOSIA.COM - Fitur cruise control kebanyakan disematkan pada mobil. Namun, beberapa motor grand-touring atau pun cruiser juga memiliki sistem tersebut, salah satunya Harley-Davidson.

Mengutip dari Motociclismo.it, pabrikan ikonik asal Amerika Serikat itu belum lama ini mematenkan teknologi baru, yakni group adaptive cruise control (G-ACC).

Seperti pada mobil, fitur tersebut memungkinkan motor Harley-Davidson untuk menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan di depannya. Namun, G-ACC hanya berpusat pada 1 kendaraan.

Untuk menghadirkan sistem ini, tentu terpasang sejumlah sensor dan kamera tambahan di berbagai bagian motor, mulai depan hingga belakang. Perangkat tersebut menerima sinyal dan mengirimkannya ke komputer.

1 dari 1 Halaman

Bukan yang Pertama

Mirip Mobil, Harley-Davidson Patenkan Adaptive Cruise ControlBukan yang Pertama

Dari data tersebut, komputer khusus itu akan memberikan perintah ke ECU atau otak motor injeksi untuk menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan di depan.

Saat mengaktifkan sistem ini, pengemudi Harley-Davidson harus memilih 1 kendaraan untuk diikuti. Menariknya, saat akan mendahului mobil, pengguna G-ACC akan diberi 2 pilihan.

Pertama ialah mengikuti motor yang telah ditetapkan. Selain itu, pengemudi juga bisa memilih untuk tetap menjaga kecepatan aman di belakang mobil.

Sebenarnya fitur cruise control tak hanya dikembangkan oleh Harley-Davidson. Berbagai pabrikan motor lainnya pun berencana menyematkan teknologi tersebut di produknya, seperti KTM, Honda, Ducati, Kawasaki, dan Suzuki.

BERI KOMENTAR