HOME » BERITA » MIRIP MOTOR BEBEK, SIMAK KECANGGIHAN SMART CLUTCH SYSTEM MV AGUSTA

Mirip Motor Bebek, Simak Kecanggihan Smart Clutch System MV Agusta

Baru-baru ini, pabrikan motor asal Italia, MV Agusta, memperkenalkan fitur auto-clutch pada motor sport dengan nama Smart Clutch System (SCS).

Minggu, 17 Juni 2018 14:30 Editor : Cornelius Candra
Foto: Asphalt and Rubber

OTOSIA.COM - Sistem kopling otomatis sebenarnya bukanlah hal yang baru. Bagi penggemar motor trail, telah ada pabrkan after-market yang menyediakan komponen tersebut. Namun, teknologi tersebut masih jarang digunakan pada motor sport.

Baru-baru ini, pabrikan motor asal Italia, MV Agusta, memperkenalkan fitur auto-clutch pada motor sport dengan nama Smart Clutch System (SCS). Teknologi ini disematkan pada line-up sport-tourer mereka, MV Agusta Turismo Veloce 800 SCS.

Dikutip dari Asphalt and Rubber, pada dasarnya, sistem ini menggabungkan dua prinsip kopling, yaitu manual dan sentrifugal. Dengan kata lain, motor masih memiliki tuas kopling pada handle-bar bagian kiri, tapi juga bisa langsung menginjak persneling layaknya motor bebek.

Menurut sumber yang sama, kehadiran SCS pada motor sport memberikan dua keuntungan bagi pengendara. Pertama, ketika memburu akselerasi awal, pengendara hanya perlu menarik tuas kopling. Kedua, pengendara hanya perlu menginjak persneling untuk mengganti gir.

SCS MV Agusta yang dikembangkan bersama produsen part after-market, Rekluse, ini menggunakan sistem kopling yang berbeda dengan motor kebanyakan, yaitu tanpa oli alias kopling kering. Sementara ini, sistem kopling kering masih digunakan oleh pabrikan asal Italia lainnya, Ducati.

Kopling manual yang digunakan dibantu oleh aktuator elektronik. Hal ini membuat tuas kopling menjadi lebih enteng ketika ditarik. Setidaknya, ada 12 plat kopling dan 2 plat sentrifugal yang berada di dalam bak kopling.

Pihak MV Agusta rupanya juga memperhatikan kemasan dari teknologi terbarunya tersebut. Bak koplingnya kini dibuat transparan dengan plat merah yang tentu membuat bagian dalamnya terlihat.

Selain memudahkan pengendara, kehadiran fitur SCS juga berpengaruh pada performa. Friksi pada motor menjadi berlimpah sehingga meningkatkan torsi. Tercatat, MV Agusta Turismo Veloce hanya membutuhkan waktu 3,6 detik untuk mencapai kecepatan 100 kpj dari kondisi diam.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR