HOME » BERITA » MISTERI PENAMPAKAN PASUTRI DI JEMBATAN PANUS PENGHUBUNG DEPOK-BOGOR

Misteri Penampakan Pasutri di Jembatan Panus Penghubung Depok-Bogor

Nama jembatan panus kerap dihubungkan dengan cerita hantu. Sebab, di jembatan peninggalan belanda di Depok itu disebut kerap terlihat penampakan hantu yang dikenal sebagai Opa Panus.

Kamis, 08 Agustus 2019 21:15 Editor : Dini Arining Tyas
Misteri Penampakan Pasutri di Jembatan Panus Penghubung Depok-Bogor
Jembatan Panus Depok (Merdeka.com)

OTOSIA.COM - Jembatan Panus sudah tak asing lagi bagi warga Depok. Jembatan sepanjang 100 meter ini menghubungkan antara Depok dan Bogor. Jembatan tua ini adalah peninggalan masa penjajahan Belanda.

Jembaan yang berada di Jalan Tole Iskandar, Depok ini dulunya menjadi jalur perlintasan. Kini jembatan Panus tak seramai dulu, sejak pemerintah membangun jembatan baru tak jauh dari jembatan Panus.

Suasana di jembatan Panus pun kian sepi. Hanya warga perkampungan Pancol yang masih memanfaatkan keberadaan jembatan berusia lebih dari 100 tahun itu.

1 dari 3 Halaman

Hantu Opa Panus

Misteri Penampakan Pasutri di Jembatan Panus Penghubung Depok-BogorHantu Opa Panus

Cerita horor pun menghiasi keberadaan jembatan Panus. Cerita itu beredar dari mulut ke mulut. Konon, kerap terlihat penampakan hantu si pembuat jembatan Panus, yakni orang Belanda, Stefanus dan istrinya.

Penampakan hantu pasangan suami istri alias pasutri itu kerap terlihat melintasi jembatan tersebut. Bahkan hantu Opa Panus itu sering terlihat lewat sedang membawa anjing berwarna putih.

2 dari 3 Halaman

Tempat Bunuh Diri

Misteri Penampakan Pasutri di Jembatan Panus Penghubung Depok-BogorTempat Bunuh Diri

Penampakan hantu Opa Panus sering muncul saat tengah malam. Selain muncul bersama Opa Panus, penampakan sosok perempuan pribumi berbaju merah yang disebut sebagai istri Stefanus juga kerap muncul sendirian.

Menurut cerita yang beredar, istri Stefanus tewas dengan cara bunuh diri di jembatan Panus. Dia bunuh diri saat ditinggal Stefanus pulang kampung ke Belanda, karena diusir tentara Jepang.

3 dari 3 Halaman

Tempat Sajen Tumbal

Misteri Penampakan Pasutri di Jembatan Panus Penghubung Depok-BogorTempat Sajen Tumbal

Konon, sungai di bawah jembatan Panus juga pernah menjadi tempat pembuangan mayat korban pembunuhan. Selain itu, sesekali terlihat orang yang membawa sajen lalu membuangnya ke sungai di bawah jembatan Panus. Kabarnya, sajen itu adalah sebagai sajen pesugihan atau tumbal.

BERI KOMENTAR