HOME » BERITA » MITOS ATAU FAKTA, BAN LEBIH BESAR BIKIN MOTOR BOROS?

Mitos atau Fakta, Ban Lebih Besar Bikin Motor Boros?

Beberapa orang beranggapan bahwa penggunaan ban yang lebih besar dari ukuran aslinya dapat membuat motor menjadi boros, mitos atau fakta?

Rabu, 14 November 2018 15:45 Editor : Cornelius Candra
Ilustrasi motor dengan ban yang lebih besar dari ukuran aslinya (roaringtoyz.com)

OTOSIA.COM - Salah satu tren modifikasi saat ini adalah penggunaan ban yang lebih besar dari ukuran standar motor. Alasan pemasangannya pun bermacam-macam, mulai sekadar mempermanis tampilan hingga menambah performa.

Namun, alasan kedua kerap menjadi perbincangan. Tak sedikit pula orang yang menyatakan bahwa mengganti ban dengan ukuran lebih besar dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar atau motor menjadi boros.

exciter-150-to-banh-to-pkl-moto-saigon-8.jpg

Rupanya, hal itu benar adanya. Mengutip dari Motosaigon.vn, dengan menggunakan ban yang lebih besar dari aslinya, beban pada motor pun bertambah sesuai dengan ukuran ban, sekitar 20-35%.

Dengan demikian, akselerasi pun berkurang serta dapat memperpendek usia CVT atau pun rantai. Selain itu, bearing pada velg juga akan cepat aus karena harus menahan beban yang lebih besar.

Meski begitu, jika penggunaan ban tapak lebar hanya sebatas kosmetik tidaklah menjadi masalah yang signifikan. Penggunaan ban besar pun akan semakin mempermanis tampilan motor saat dipadukan dengan velg yang ukurannya sesuai.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR