HOME » BERITA » MITSUBISHI ECLIPSE CROSS TERBARU MELUNCUR DI JEPANG, KAPAN MASUK INDONESIA?

Mitsubishi Eclipse Cross Terbaru Meluncur di Jepang, Kapan Masuk Indonesia?

Mitsubishi Motor Corporation meluncurkan Eclipse Cross PHEV dan model bensin. Varian bensin kabarnya akan diboyong ke Indonesia tahun depan,

Sabtu, 05 Desember 2020 15:15 Editor : Nazarudin Ray
Mitsubishi Eclipse Cross Terbaru Meluncur di Jepang, Kapan Masuk Indonesia?
Eclipse Cross bensin dan PHEV (MMC)

OTOSIA.COM - Mitsubishi Motor Corporation (MMC) meluncurkan Eclipse Cross Plugin hybrid (PHEV) dan model bensin di Jepang. Mitsubishi telah mendesain ulang sehingga terlihat lebih aerodinamis dan stylish. Untuk pertama kalinya varian PHEV baru menggabungkan sistem 4WD motor ganda dari Outlander PHEV.

"Kami bertujuan untuk menyediakan produk-produk menarik yang juga menawarkan ketenangan pikiran kepada pelanggan di seluruh dunia, dengan meningkatkan teknologi ramah lingkungan khas Mitsubishi Motors, juga membawa teknologi 4WD kami ke tingkat berikutnya," ungkap CEO MMC, Takao Kato.

Eclipse Cross terbaru dikembangkan di bawah konsep desain Daring Grace, bodi diperpanjang serta desain depan dan belakang yang dibenahi kembali menciptakan tampilan SUV yang ramping dan dinamis.

Bagian depan Dynamic Shield telah berevolusi. Tata letak pencahayan yang diberikan penyegaran melengkapi desain depan dengan tampilan yang tajam dan sporty. Skid plate di bagian bawah kedua bumper menambah kesan SUV yang bertenaga.

1 dari 4 Halaman

MMC memperbarui kaca depan ganda dari model sebelumnya menjadi kaca depan tunggal. Pada saat yang sama memberikan visibilitas belakang yang lebih jelas. Lampu belakang tiga dimensi ditempatkan pada posisi yang lebih tinggi untuk tampilan khas yang juga mudah dilihat di jalan.

Di bagian dalam, trim level 2 atas diberi interior hitam baru dengan jok berbahan kombinasi suede timbul dan kulit sintetis. Sedangkan pilihan jok kulit menawarkan warna abu-abu terang di samping warna hitam konvensional. Trim pintu juga serasi dengan warna jok mobil untuk menghasilkan ruang interior yang sporty.

Mitsubihsi memberikan dua pilihan warna untuk bodi, yakni Red Diamond 3 dan White Diamond 4 baru. Yang terakhir adalah warna yang memancarkan kilau putih mutiara dan nuansa logam yang halus.

2 dari 4 Halaman

Mitsubishi Eclipse Cross PHEV

Eclipse Cross PHEV menggunakan sistem PHEV 4WD motor ganda yang dimodifikasi dari Outlander PHEV. Arsitekturnya terdiri dari satu motor listrik berdaya tinggi di depan dan satu belakang, baterai penggerak berkapasitas besar, dan mesin MIVEC 2,4 liter. Kombinasi tersebut menghasilkan akselerasi cepat, senyap, dan bertenaga.

Model ini dipasangkan baterai penggerak 13,8 kWh dengan jangkauan serba listrik 57,3 km (Mode WLTC). Terdapat tiga mode penggerak, yakni Mode EV menggerakkan dengan motor listrik menggunakan tenaga dari baterai penggerak, Mode Hybrid Seri menggunakan mesin bensin untuk menghasilkan tenaga untuk motor listrik yang menggerakkan kendaraan, serta Mode Hibrid Paralel menggunakan mesin bensin untuk menggerakkan mobil dengan bantuan motor listrik.

Perpindahan otomatis di antara mode-mode ini sesuai dengan kondisi berkendara memungkinkan pengemudi merasakan kenikmatan berkendara di berbagai lingkungan.

Model PHEV menawarkan tiga level trim, yakni tipe M standar dilengkapi dengan fitur keselamatan pencegahan, tipe G memiliki fitur tambahan termasuk stopkontak 100 volt (maks 1.500 watt) dan Head Up Display, dan tipe High-end P memiliki tampilan sendiri.

3 dari 4 Halaman

Varian bensin

Sementara model bensin memiliki sistem S-AWC yang mengintegrasikan Active Yaw Control (AYC) untuk mengatur gaya pengereman antara roda depan kiri dan kanan untuk menikung lebih tajam, serta Anti-Lock Brake System (ABS) dan Active Stability Control (ASC) untuk mengatur gaya pengereman pada basis 4WD yang dikontrol secara elektronik yang mendistribusikan torsi secara optimal antara roda depan dan belakang.

Kontrol terintegrasi dari sistem ini menghasilkan perilaku kendaraan yang sangat stabil yang sesuai dengan maksud pengemudi. Ditambah dengan pengoptimalan suspensi untuk penanganan yang stabil di jalan licin.

Model ini juga menawarkan mode berkendara yang berbeda sesuai dengan kondisi jalan dan mengemudi. Mode Normal memberikan kemudi dan stabilitas yang sesuai untuk berbagai skenario mengemudi. Mode Salju mempertahankan pergerakan kendaraan yang stabil di permukaan licin seperti jalan bersalju.

Sedangkan Mode Gravel menjaga stabilitas pada permukaan jalan yang buruk.  Model bensin juga memiliki tiga level trim. Tipe M standar dilengkapi dengan fitur keselamatan pencegahan, tipe G memiliki fitur tambahan termasuk Head Up Display dan sistem radar cruise control ACC, dan tipe Paket G Plus dilengkapi dengan navigasi tautan ponsel cerdas dan fitur khusus lainnya.

4 dari 4 Halaman

Fitur

Eclipse Cross dibekali 8 speaker premium yang disetel secara akustik dan diposisikan secara khusus untuk bentuk kendaraan. Kain fiber glass dengan speaker vapor cone aluminium dan tweeter carbon cone mid-range di depan dengan speaker 2 arah koaksial di pintu belakang yang sejajar dengan tweeter untuk menghasilkan kualitas suara yang halus dan lancar.

Navigasi tautan ponsel cerdas baru menawarkan fitur yang nyaman termasuk navigasi rute melalui peta internal dan kompatibilitas dengan informasi lalu lintas VICS. Apple CarPlay9, cara lebih aman untuk menggunakan iPhone saat mengemudi, dan juga Android AutoTM10. Keduanya menjadi fitur standar di semua model.

Tampilan layar juga telah diperbesar menjadi 8 inci, sehingga lebih jelas untuk dilihat dan dioperasikan. Kedua varian tersebut juga punya Mode Tarmac, yang memberikan tingkat menikung dan stabilitas yang lebih tinggi terutama pada permukaan yang kering dan beraspal.

Di Jepang Eclipse Cross PHEV dibanderol mulai dari 3.848.900 yen hingga 4.477.000 yen, dan model bensin dijual mulai 2.531.100 yen hingga 3.346.200 yen. Kabarnya varian bensin bakal diboyong ke Indonesia tahun depan.

 

BERI KOMENTAR