HOME » BERITA » MITSUBISHI BIKIN RE-MODEL A, KENANG MOBIL PERTAMA BUATAN JEPANG

Mitsubishi Bikin Re-Model A, Kenang Mobil Pertama Buatan Jepang

Mobil yang dibuat pertama kali di Jepang sendiri adalah Mitsubishi Model A, yang dilahirkan untuk pertama kali pada tahun 1917.

Senin, 04 Desember 2017 20:45 Editor : Fitradian Dhimas
Foto: Mitsubishi

OTOSIA.COM - Negara Jepang kerap dianggap sebagai salah satu produsen otomotif terkemuka di atas muka bumi. Produk-produknya pun tidak perlu dipertanyakan lagi kehandalannya.

Mobil yang dibuat pertama kali di Jepang sendiri adalah Mitsubishi Model A, yang dilahirkan untuk pertama kali pada tahun 1917, atau tepat seratus tahun yang lalu.

Saat itu, Mitsubishi masih belum menjadi pabrikan mobil, melainkan produsen kapal. Mitsubishi Model A sendiri dibangun di bekas galangan kapal.

Mitsubishi Model A dulunya memiliki basis dari Fiat Tipo 3, dengan konfigurasi 4 pintu dan 7 tempat duduk, serta mengandalkan mesin 2.8 liter 4 silinder dengan tenaga sebesar 35 hp, dan kecepatan maksimal hanya sampai 100 km/jam saja.

Kini, tepat 100 tahun kemudian, nama Mitsubishi masih berkibar berkat Model A yang dulu pernah dibuatnya. Untuk merayakan pencapaian tersebut, Mitsubishi mempersembahkan Re-Model A.

Mitsubishi Re-Model A sesungguhnya berawal dari sebuah SUV Outlander, namun dengan bantuan tim West Coast Custom, SUV modern tersebut kini memiliki penampilan sangat retro.

Tim West Coast Custom harus susah payah agar bodi Model A lawas bisa menggantikan penampilan Outlander sehingga kombinasi sejarah dan masa depan dapat disatukan.

Hasilnya, meski memiliki penampilan klasik, Mitsubishi Re-Model A memiliki dapur pacu hybrid 2.0 liter dan ditemani oleh baterai 12 kWh untuk mendukung motor elektriknya.

(kpl/fdk)

BERI KOMENTAR