HOME » BERITA » MOBIL BEKASMU BISA TERASA BARU, INI DIA TIPSNYA

Mobil Bekasmu Bisa Terasa Baru, Ini Dia Tipsnya

Senin, 02 April 2018 22:00 Editor : Dini Arining Tyas
Foto Ilustrasi by Daihatsu Indonesia

OTOSIA.COM - Keinginan untuk memiliki mobil ada, tapi dana belum mendukung. Tenang, salah satu alternatifnya, otolovers bisa meberli mobil bekas.

Saat memilih beli mobil bekas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membeli mobil bekas. Karena mobil bekas diisukan cepat rusak. Bahkan ada pembeli yang apes, baru beli tapi harus mengeluarkan biaya yang cukup besatr untuk perawatan atau ganti komponen mobil.

Tapi jangan dipandang sebelah mata dulu ya, otolovers. Kuncinya adalah teliti sebelum membeli. Melansir situs resmi Daihatsu, coba ikuti tips ini saat membeli mobil bekas.

1. Cari informasi sebelum membeli

Sebelum otolovers membeli, lakukan riset sedalam-dalamnya tentang mobil bekas tersebut dari sumber mana saja. Dalam riset itu, sebaiknya mengenai jenis mobil, perbandingan setiap mobil, spesifikasi mobil dan harga. Pastikan juga mobil tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan ya.

2. Awali cek bagian eksterior mobil

Setelah menemukan penjual dan tempat mobil, maka selanjutnya adalah pengecekan. Perhatikan mulai dari apakah ada goresan pada eksterior mobil, atau rusak pada bodi mobil, kondisi catnya, bagian kaca bebas dari retakan, bagian lampu, apakah ada yang pecah dan pastikan menyala dengan baik. Perhatikan juga keadaan keempat bannya, masih oke atau sudah aus. coba juga masuk ke kolong untuk melihat kondisi dari karatan dan keropos.

3. Perhatikan performa mesin mobil

Inilah bagian penting dari proses pengecekan yang harus paling diperhatikan dan tak boleh terlewatkan. Hidupkan mesin mobil lalu perhatikan suara mesin yang menyala. Mesin baik adalah mesin yang terdengar halus, nggak kasar dan mudah distarter. Setelah menyalakan mesin cobalah untuk melakukan test drive. Coba untuk mengoper gigi, pastikan bahwa oper gigi ini berjalan dengan lancar ya. Rasakan benar kondisi mobil saat berjalan. Bila terasa berat, cenderung berbelok kearah kiri atau kanan, sebaiknya kamu berpikir dua kali untuk membelinya.

4. Cek interior mobil dan aksesoris

Beberapa komponen interior mobil dan aksesoris yang perlu kamu cek yaitu bagian dashboard, karpet, setelan AC, serta perhatikan kualitas jok dan langit-langitnya. Bagian kaca juga jangan terlewat dari perhatian dengan mencoba fungsinya. Cek juga wiper serta kondisi buka tutup pintu mobil. Terakhir, coba cek lampu sein, hazard, lampu depan, dan lampu rem. Radio atau fasilitas audio lainnya juga penting kamu coba dengan menyalakan dan memutarnya.

5. Periksa kelengkapan surat-surat

Perhatikan keaslian STNK dan BPKB, lalu cocokkan dengan nomor mesin dan rangka kendaraan. Dengan adanya BPKB dan STNK yang asli dan lengkap maka kamu akan memudahkan untuk urusan baliknama dan administrasi lainnya.

6. Cek history asuransi

Otolovers bisa mengetahui kualitas mobil dari history asuransi. Asuransi juga menjamin jika tejadi kerusakan ataupun kecelakaan pada mobil yang kamu beli. Asuransi ini bisa dipindahtangankan kok, cukup melalui proses balik nama pada perusahaan asuransi yang menjamin kendaraan yang hendak dibeli.

Jadi, tetap ya, teliti sebelum membeli. Jika beruntung, otolovers bisa dapat mobil bekas dengan kualitas yang bagus loh dengan menerpakan tips membeli mobil bekas di atas.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR