HOME » BERITA » MOBIL BERTENAGA UDARA BUATAN MAHASISWA, SANGGUP MELAJU 40 KM/JAM

Mobil Bertenaga Udara Buatan Mahasiswa, Sanggup Melaju 40 Km/Jam

Inovasi demi inovasi diciptakan di bidang otomotif. Selain tenaga hidrolik, kini mobil bertenaga udara pun mulai muncul.

Jum'at, 10 Agustus 2018 18:45 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Autoevolution

OTOSIA.COM - Inovasi demi inovasi diciptakan di bidang otomotif. Selain tenaga hidrolik, kini mobil bertenaga udara pun mulai muncul.

Tenaga udara ini mungkin bisa menjadi solusi kendaraan eco-friendly dan murah, seperti diberitakan Autoevolution. Inovasi ini ditemukan oleh mahasiswa Helwan University di Cairo, Mesir.

Bentuk mobilnya seperti mobil yang dipakai untuk Go-Kart dan mudah untuk dikendarai, serta biaya produksiyang rendah. Mobil ini pun disebut sebagai mobil ramah lingkungan sejati.

Butuh USD 1.000 atau Rp 14,4 jutaan (Kurs USD 1 = Rp 14.482), untuk membuat mobil ini. Tenaganya, mobilini mampu melaju dengan kecepatan 40 km/jam dan menjangkau jarak 30 km sebelum membutuhkan isi ulang.

"Biaya operasional kendaraan ini hampir tak ada. Kamu sebenarnya menggunakan udara yang dikompres. Kamu tak perlu membayar untuk bahan bakar dan juga tak butuh pendinginan," ujar salah satu mahasiswa, Mahmoed Yasser, saat wawancara dengan Gadget.ndtv.

Kini proyek tersebut akan diteruskan. Mereka menyadari bahwa kendaraan ini perlu ditingkatkan, khususnya untuk tenaga dan jangkauan. Targetnya adalah, kendaraan ini mampu melaju 100 km/jam dengan jarak 100 kkm sebelum diisi ulang.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR