HOME » BERITA » MOBIL BESUTAN AMERIKA NYERBU YOGYAKARTA, TEMU KANGEN SAMBIL BANGKITKAN EKONOMI

Mobil Besutan Amerika Nyerbu Yogyakarta, Temu Kangen Sambil Bangkitkan Ekonomi

Peserta Halal Bihalal Meet and Greet Jeep(er)s Civilian Jeep Indonesia (CJID) datang dari berbagai daerah menyerbu Yogyakarta

Jum'at, 03 Juni 2022 17:25 Editor : Ahmad Muzaki
Mobil Besutan Amerika Nyerbu Yogyakarta, Temu Kangen Sambil Bangkitkan Ekonomi
Civilian Jeep Indonesia. ©2022 Merdeka.com

OTOSIA.COM - Ratusan mobil besutan pabrikan Amerika, Jeep menyerbu Daerah Istimewa Yogyakarta, akhir pekan lalu, Sabtu (28/5). Mereka membelah jalanan dan terus beriringan memasuki area Bandara Adi Sucipto.

Peserta Halal Bihalal Meet and Greet Jeep(er)s Civilian Jeep Indonesia (CJID) datang dari berbagai daerah. POMJEN 4x4 MAKASAR menjadi Peserta paling jauh yang datang dari Pulau Sulawesi.

Tak mau kalah, peserta dari Jakarta, Banten, Bogor, Surabaya, Jawa Tengah, dan kota-kota lain. Mereka bersemangat menempuh jarak ratusan kilometer demi bisa berkumpul sesama pecinta Jeep. Banyak juga di antara peserta yang datang memboyong keluarga.

"Dua tahun pandemi menjadikan jarak terasa jauh. Para Jeep(er)s sudah pada kangen semua untuk kumpul kumpul. Dan Jogja terpilih sebagai tuan rumah. Kita semangat dan senang karena dengan wadah CJID kami bisa berkontribusi untuk pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi Jogja khususnya," ujar Ketua Panita HBHCJID 2022, Ri Paduka dari komunitas CJID Yogyakarta kepada merdeka.com.

1 dari 4 Halaman

(c) Merdeka.com

Lebih dari 121 mobil Jeep berkumpul di Yogyakarta. Dengan peserta lebih dari 300 orang. Beragam mobil yang digunakan mulai dari berbagai model CJ, YJ, Cherokee, TJ, JK, dan keluaran Jeep lainnya. Masing-masing dengan style sesuai penggunanya. Ada bergaya overland, off road, dan lainnya.

Panitia menyajikan lokal konten dalam acara ini. Mulai dari SPG menggunakan kain jarik (batik), welcome drink es dawet Yogya, tarian tradisional dan juga nasi gudeg. Kearifan lokal jadi yang utama.

"Mobil boleh Amerika, jiwa tetap Indonesia," ujar Sekretaris umum Panitia HBHCJID 2022, Wira Adibrata kepada merdeka.com.

2 dari 4 Halaman

(c) Merdeka.com

Dari Bandara Adi Sucipto, peserta secara berkelompok menuju Tebing Breksi, Prambanan. Agar tidak mengganggu pengguna jalan lainnya, para Jeep(er)s berjalan berkelompok. Tujuannya, tetap santun meski di jalan. Sesuai tema yang diusung: Bersyukur Agar Tidak Lupa Diri, Bersabar Agar Kuat Hati.

Peserta yang tiba di Tebing Breksi, diarahkan untuk berfoto di Photo Booth yang sudah disediakan. Peserta bisa berfoto bersama kendaraan Jeep kesayangannya. Acara puncak malam hari, peserta disajikan pertunjukan tarian khas Yogyakarta.

Membuka hari kedua, para Jeep(er)s diajak menikmati sunrise tak jauh dari tebing Breksi. Lalu overland menyusuri jalan pedesaan bertajuk Jelajah Desa.

"Jelajah desa adalah ajang overland ringan sambil menikmati keramahtamahan penduduk desa. Jangan lupa, ketika kita menyambangi desa kita sudah menebar mimpi bagi anak-anak di sana. Menggugah mereka dengan cita cita untuk menyemangati mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan. Itu kenapa sapa ramah dan santu selalu kami ingatkan kepada para jeep(er)s," kata Wira Adibrata.

3 dari 4 Halaman

(c) Merdeka.com

Perjalanan hari kedua ditutup dengan menikmati Sunset di Gumuk Pasir. Meet and Greet kali ini sengaja menyasar tempat-tempat wisata di Yogyakarta. Ada misi mulia yang ingin disampaikan. Ini menjadi bagian dari upaya memulihkan sektor pariwisata di Yogyakarta yang terkena dampak Pandemi Covid-19.

Pembina Panitia, Adenan Rasyid menyambut positif aksi bakti sosial yang dilakukan para Jeep(er)s. Sebagai bentuk kepeduliaan pada lingkungan dan masyarakat sekitar. "Kami sangat mendukung karena ini sangat positif. Silaturahmi, ajang bakti sosial, peningkatan sektor wisata dan ekonomi. Tentu dengan izin dari berbagai pihak," jelas Adenan.

Para peserta mengapresiasi gelaran HBHCJID 2022 di Yogyakarta. Lelah di perjalanan, seolah terbayar tuntas setelah bertemu dan bercengkrama dengan sesama pecinta Jeep.

"Acaranya super seru. Padat dan tidak membosankan. Suasana keakraban juga sangat dapet. Satu lagi nuansa Halal Bihalal tetap tidak kelewatan, CJID Jogja top deh," kata Hamka, perwakilan POMJEN 4x4 MAKASAR.

4 dari 4 Halaman

(c) Merdeka.com

Perwakilah CJID Bandung, Kang Ari mengaku akan merindukan momen temu kangen ini. Ia pun begitu mengapreasi kerja keras semua panitia.

"Terima kasih juga untuk sambutan hangat 'saudara' tua kami Yogyakarta American Jeep (YAJ) dan para 'sesepuh' penggiat automotive Yogyakarta," ucap Kang Ari.

Acara ini mendapat dukungan penuh dari PT. PINDAD. "Terima kasih kepada PT PINDAD yang memberikan dukungan atas terselenggaranya event ini. Terima kasih juga semua peserta yang telah meluangkan waktu, tenaga dan banyak lagi untuk datang ke rumah kami, Jogjakarta" tutup Ri Paduka.

Penulis: Wisnoe Moerti

Sumber: Merdeka.com

BERI KOMENTAR