HOME » BERITA » MOBIL CINA DOMINASI SEGMEN SUV DI THAILAND, BAGAIMANA DENGAN INDONESIA?

Mobil Cina Dominasi Segmen SUV di Thailand, Bagaimana dengan Indonesia?

Di Thailand, penjualan mobil SUV asal Tiongkok lebih laris. Sementara di Indonesia, hasil penjualan di segmen yang sama lebih bervariasi.

Jum'at, 01 April 2022 08:00 Editor : Arendra Pranayaditya
Mobil Cina Dominasi Segmen SUV di Thailand, Bagaimana dengan Indonesia?
Haval H6, salah satu SUV Tiongkok yang laris di Thailand (gwmhaval.com.au)

OTOSIA.COM - Penjualan SUV secara global terus tumbuh, termasuk di kawasan Asia Tenggara. Banyak konsumen di berbagai negara kini lebih tertarik pada SUV dibandingkan sedan atau hatchback karena berbagai keunggulan yang ditawarkan.

Di segmen SUV, ada banyak merek yang bersaing. Salah satu yang kini bersaing merebut hati konsumen di berbagai negara adalah SUV Jepang dan Tiongkok. Hadirnya produk-produk dari negeri Tirai Bambu memberikan alternatif pilihan bagi para penyuka SUV dengan fitur-fitur mumpuni dengan harga lebih terjangkau.

Yang menarik, di Thailand, penjualan SUV Cina justru mengungguli produk negeri Matahari Terbit.

1 dari 4 Halaman

Hasil penjualan C-SUV di Thailand dari bulan Januari-Februari 2022 (autolifethailand.tv)

Melansir autolifethailand.tv, Rabu (30/3/2022), secara total ada 2.388 unit C-SUV yang terjual dari bulan Januari 2022 hingga Februari 2022 kemarin. Segmen C-SUV di Thailand pada dasarnya adalah kelas Medium SUV di Indonesia.

Dari total penjualan tersebut, dua SUV asal Tiongkok merajai penjualan segmen C-SUV di Thailand, yakni Haval H6 dengan angka 701 unit dan MG HS sebanyak 402 unit. Dengan kata lain market share Haval H6 mencapai 29,4%, sedangkan MG HS berada di 16,8%.

2 dari 4 Halaman

MG HS (MG)

Sementara di posisi ketiga hingga kelima diisi Honda CR-V dengan total 384 unit, Subaru Forester yang terjual 312 unit, dan Mazda CX-8 dengan total penjualan 286 unit.

Urutan keenam sampai kedelapan, masing-masing ditempati oleh Mazda CX-5 yang laris 201 unit, Peugeot 3008 dengan angka 67 unit dan Mitsubishi Outlander yang terjual sebanyak 29 unit.

Paling buncit adalah Peugeot 5008 yang hanya sanggup terjual 6 unit dari bulan Januari hingga Februari lalu.

3 dari 4 Halaman

Indonesia

Honda CR-V masih terlaris di segmen Medium SUV Indonesia (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Untuk Indonesia, penjualan kategori ini lebih bervariasi. Berdasarkan data whole sales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bulan Januari-Februari 2022, penjualan Medium SUV mencapai 2.908 unit.

Dari total penjualan tersebut, Honda CR-V paling laris dengan angka 1.476 unit. SUV asal Jepang itu ditempel ketat oleh Wuling Almaz di posisi kedua yang terjual 1.038 unit.

Posisi ketiga hingga kelima masing-masing ditempati oleh Mazda CX-5 yang mencapai 149 unit, MG HS sebanyak 100 unit dan VW Tiguan Allspace dengan angka 54 unit.

4 dari 4 Halaman

Medium SUV Eropa seperti VW Tiguan Allspace juga cukup laku di Indonesia (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Berikutnya dua mobil asal Perancis di posisi keenam dan ketujuh, yakni Peugeot 3008 dengan total penjualan 44 unit dan Peugeot 5008 yang laris 38 unit.

Posisi kedelapan dan terakhir diperoleh DFSK Glory i-Auto sebanyak 7 unit dan Mitsubishi Outlander PHEV di angka 2 unit saja.

BERI KOMENTAR