HOME » BERITA » MOBIL DAIHATSU DIBUAT DALAM 69 DETIK, INI PROSESNYA

Mobil Daihatsu Dibuat dalam 69 Detik, Ini Prosesnya

Jum'at, 18 Maret 2016 08:15 Editor : Ahmad Khoirudin
Foto: Nazar

OTOSIA.COM - Bagaimana sebuah mobil Daihatsu bisa dibuat? Prosesnya tidak sedikit walau karena sudah termanajemen secara total sehingga bisa menghasilkan mobil hanya dalam waktu 69 detik.

Menurut penjelasan, Dian Kurniawan, Staf Departemen Assembly Plant II Daihatsu Sunter, 69 detik sesuai target dimanfaatkan dengan menbagi peran para jalur berjalan atau conveyor, diawali dengan cetak pelat.

"Yang pertama itu press plant. Cetak bagian bodi, depan-belakang, kanan-kiri, dan sebagainya," ujarnya.

Proses kedua adalah welding atau penyatuan antara part-part tersebut sehingga menjadi bentuk bodi mobil. "Prosesnya dilakukan dengan pengawasan, join, antara yang part bodi tadi jadi gelondongan satu bodi mobil."

Setelah dua tahap itu, sebuah bodi mobil lalu dibawa ke bagian pengecatan. Bagian ini tidak sekali kerja karena total proses ada delapan.

"Dikirim ke painting, delapan proses pengecatan, anti karat dan macam-macam. Dari painting, baru masuk ke assembling," ujarnya merujuk pada bagian pemasangan suku cadang mesin, elektronik, dan sejenisnya.

Untuk bagian pemasangan suku cadang mesin dan lainnya ini, masih ada beberapa bagian lain lagi atau sub-subnya.

"Jalurnya macam-macam, ada triming nol, lalu ada triming 1-2, sasis I, sasis II, dan final masuk proses inspeksi (untuk dicek secara keseluruhan)," urainya.

(kpl/why/rd)

BERI KOMENTAR