HOME » BERITA » MOBIL DIESEL DIISI BENSIN, APA EFEKNYA?

Mobil Diesel Diisi Bensin, Apa Efeknya?

Selasa, 14 Mei 2019 21:45 Editor : Cornelius Candra
Suzuki Ertiga Diesel (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Meski kemungkinannya kecil, tak jarang para pemilik mobil diesel mengisi kendaraannya dengan bensin, entah secara sadar ataupun tidak. Lalu, jika mobil diesel diisi bensin, apa efek yang bisa timbul?

Dilansir Liputan6.com dari laman resmi Suzuki Indonesia, kendaraan sudah pasti akan mengalami kerusakan mesin. Pasalnya, sistem pembakaran pada mesin diesel tidak sama dengan mesin kendaraan berbahan bakar bensin.

Sistem Internal Combusion Chamber (pembakaran) diesel dan bensin tidak sama. Mesin diesel memakai tekanan kompresi, sedangkan mesin berbahan bakar bensin mengandalkan busi. Dari sini saja sudah jelas perbedaannya.

Selain itu, mesin bensin mudah terbakar sehingga jika bensin masuk ke dalam mesin diesel maka knocking-nya akan terasa. Karena tekanan kompresinya tidak sama, maka bahan bakar bensin akan meledak terlebih dahulu sebelum kompresinya merangsang. Karena hal ini paling terasa knocking-nya.

Efek pertama yang akan terjadi adalah mesin akan sulit dinyalakan. Meskipun akhirnya bisa menyala ia akan memakai sisa BBM diesel yang ada di mesin dan kondisinya akan terasa kurang nyaman dan berisiko mesin akan mati.

Paling penting juga untuk diketahui, pada BBM diesel bahan bakar tidak hanya untuk pembakaran, tetapi juga sebagai pelumas. Sehingga, jika hal tersebut terjadi akan sangat berisiko merusak injeksi dan akhirnya merembet ke bagian mesin mobil.

Dengan berbagai informasi tersebut, jangan sampai salah mengisi jenis bahan bakar ke mobil Otolovers. Sebelum bepergian, pastikan tangki sudah terisi penuh dan jika belum carilah lokasi pengisian terdekat yang menyediakan bahan bakar diesel.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR