HOME » BERITA » MOBIL DILENGKAPI BLACK BOX, APA KEUNTUNGANNYA?

Mobil Dilengkapi Black Box, Apa Keuntungannya?

Ada beberapa keuntungan penggunaan black box di dalam mobil, simak

Jum'at, 15 Januari 2021 21:15 Editor : Ahmad Muzaki
Mobil Dilengkapi Black Box, Apa Keuntungannya?
Keuntungan mobil yang dipasang black box (CED Technologies)

OTOSIA.COM - Industri otomotif seharusnya telah menerapkan teknologi black box. Sebab ada sederet keuntungan yang didapat jika memasang teknologi tersebut, seperti pengambilan data usai terjadi kecelakaan dan variabel penyebab kecelakaan.

Terlebih ketika pihak kepolisian ingin mengusut sebuah kecelakaan. Mereka bisa mengetahui sebab musababnya sebuah kecelakaan lewat black box mobil, atau yang sering disebut Event Data Recorder (EDR) menjadi panduan pihak kepolisian.

Dalam penggunaan di kendaraan, ada beberapa keuntungan yang didapat. Salah satunya adalah menginvestigasi sebuah kecelakaan. Melalui EDR ini, kepolisian bisa mengambil data mengenai penyebab kecelakaan tersebut.

Jika mobil masih dalam masa asuransi, maka Anda bisa melakukan proses klaim asuransi dengan berbekal data yang telah diambil dari dalam EDR tersebut. Biasanya, pihak asuransi akan mengetahui kronologis kecelakaan apakah disengaja atau tidak.

1 dari 2 Halaman

Event Data Recorder (EDR) yang saat ini digunakan, sudah banyak merekam variabel. Awalnya, EDR, hanya bisa merekam beberapa variabel saja. Namun, Badan Keselamatan Lalu Lintas Amerika Serikat (NHTSA), mewajibkan semua mobil yang keluar di Amerika Serikat bisa merekam 15 variabel untuk keselamatan berkendara.

Beberapa informasi pentingnya adalah kecepatan kendaraan sebelum kecelakaan, berapa besar bukaan gas pada kendaraan, kecepatan air bag mengembang, pengoperasian rem, melihat apakah sabuk pengaman sudah dikenakan, berapa besar putaran mesin, sudut setir dan beberapa variabel lagi.

Bahkan, untuk memudahkan dalam melakukan investigasi, NHTSA, juga meminta agar EDR tersebut bisa mencakup beberapa faktor seperti GPS, video, serta audio.

2 dari 2 Halaman

Amerika Serikat Mewajibkan Mobil Menggunakan EDR

pengambilan data black box pada kendaraan (aaam.org)

Di Amerika Serikat sendiri, fitur seperti ini sudah menjadi kewajiban yang harus dipasangkan pada sebuah kendaraan. Alasannya, penggunaan EDR tersebut dapat mengungkapkan sebuah fakta dan data jika mobil tersebut mengalami kecelakaan.

Selain Amerika, ada sederet negara lain yang turut menggulirkan regulasi ini, di antaranya adalah Korea, Jepang, Swiss, Uruguay, dan Cina.

Penulis: Fahmi Rizki

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR