HOME » BERITA » MOBIL F1 MUSIM 2017 BAKAL SEPERTI MONSTER

Mobil F1 Musim 2017 Bakal Seperti Monster

Sabtu, 14 Januari 2017 21:15

Mobil F1 Musim 2017 Bakal Seperti Monster
Ilustrasi F1: Motorsport
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Mantan pembalap Formula 1 yang kini menjadi komentator TV, Martin Brundle, memprediksi bahwa mobil F1 tahun ini ibarat monster.

Brundle yang berbicara kepada Motorsport dalam ajang Autosport International's Racing Car Show memandang bahwa ekstra downforce dan level grip pada mobil F1 berdasarkan peraturan baru akan mendongkrak jauh torsi dan tenaga dari mesin hybrid-turbo di jet darat tersebut.

Akibatnya, hal ini bisa saja berefek ketika mobil sedang dalam momen salip-menyalip di lintasan.

"Ini jelas akan berbeda. Mobil-mobil ini akan menjadi lebih brutal. Secara teori, sepertinya kita akan mengarah pada hal yang salah dari niat awal untuk membuat balapan yang lebih baik," ujarnya.

Ia mengingatkan akan cerita-cerita yang beredar bahwa sejumlah tikungan malah ibarat menjadi lurus.

"Saya ingat saat mengendarai mobil Red Bull yang memakai blown diffuser. Itu saja sudah membuat mobil tidak banyak berbelok saat di tikungan, dengan tekanan gas sedang," ujarnya.

Ia menggambarkan bahwa mobil-mobil F1 sekarang makin bertenaga meski suaranya tidak menarik. Ketika, sesuai aturan, mobil-mobil ini menjadi punya downforce lebih banyak, ban 25 persen lebih besar, dan semuanya menjadi 11 persen lebih lebar, maka semua itu akan menciptakan sebuah monster.

"Jarak pengereman sudah pasti akan menjadi lebih pendek. Dengan adanya tambahan grip, maka titik stop rem baru akan terjadi 4-5 meter kemudian. Artinya, kemungkinan bagi pembalap untuk menyalip makin kecil (karena mobil makin sulit dikontrol)."

"Singkatnya adalah, masih mungkinkah mereka untuk membuntut seperti sebelum-sebelumnya? Inilah ujian paling penting tahun ini," tutupnya.

 (kpl/why/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-15
detail

BERITA POPULER