HOME » BERITA » MOBIL HARIAN BISA DIPAKAI DRIFTING, ASAL...

Mobil Harian Bisa Dipakai Drifting, Asal...

Memakai mobil harian untuk drifting bisa-bisa saja. Asalkan mobil yang dipakai punya spesifikasi khusus.

Senin, 29 April 2019 22:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi (Autoevolution)

OTOSIA.COM - Memakai mobil harian untuk drifting bisa-bisa saja. Asalkan mobil yang dipakai punya spesifikasi khusus.

Seperti soal dimensi, bobot, suspensi, dan mesin. Selain itu juga ban mobil yang dipakai drifting harus khusus ya Otolovers.

Melansir laman Suzuki Indonesia, konsep utama dari mobil drifting adalah harus berpenggerak roda belakang (RWD). Sebab, mobil RWD punya gejala khusus yakni oversteer. Kondisi ini bisa dikontrol dengan set up geometri suspensi yang benar.

Sementara, suspensi mobil drifting sendiri harus menggunakan knuckle super angle, yakni sistem pada suspensi yang bisa mempertahankan mobil burnout atau drifting dalam waktu yang sama.

Selain itu, mobil drifting harus menggunakan gardan belakang limited slip differential atau LSD. Sayangnya, LSD terbilang sangat mahal sehingga banyak drifter pemula yang akhirnya memilih sistem LAS karena harganya lebih ekonomis. LAS juga cukup bertenaga sebagai pengganti LSD.

Soal mesin, tak ada batasan dalam dunia drfiting. Hanya saja khusus di Indonesia, ada kelas drfiting dengan mesin 2.000 cc. jenis mobil ini cukup umum di Indonesia.

Lalu, soal ban harus punya traksi atau daya cengkram yang baik ya. Maka itu sebelum beraksi biasanya para drifter akan melakukan burnout dengan harapan gesekan panas antara aspal dan ban bisa menghasilkan daya cengkram yang lebih maksimal. Hal ini penting untuk menghindari kehilangan kontrol saat drfiting.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR