HOME » BERITA » MOBIL ITB TUNTASKAN SHELL CAMPUS WEEK

Mobil ITB Tuntaskan Shell Campus Week

Kamis, 12 Oktober 2017 15:45

Mobil ITB Tuntaskan Shell Campus Week
Mobil ITB (foto: Shell)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - PT Shell Indonesia mengadakan festival “Shell Campus Week” di Institut Teknologi Bandung (ITB) selama dua hari pada tanggal 10-11 Oktober 2017.

ITB menjadi salah satu kampus yang dipilih Shell sebagai tempat penyelenggaraan kuliah umum dan “Shell Campus Week” karena berbagai kegiatan dan prestasi yang telah diraihnya dalam membantu mewujudkan kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Salah satu kegiatan yang diikuti ITB adalah ajang Shell Eco-marathon (SEM) Asia, kompetisi bagi mahasiswa untuk mendesain, membangun, dan mengendarai kendaraan paling hemat energi di dunia.

Pada ajang SEM Asia pertama tahun 2010, Tim Exia dari ITB yang mengusung mobil berbahan baku Etanol berhasil meraih Juara I penghargaan “People Choice Award” dengan raihan lebih dari 65.000 suara. Mobil ini pun diperlihatkan di ajang ini.

Sekadar cerita, tim mahasiswa ITB juga merupakan pionir tim mahasiswa asal Indonesia yang mengaplikasikan baterai elektrik sebagai sumber energi alternatif pada Shell Eco-marathon Asia 2012.

Hasilnya, Tim Cikal Cakrawala ITB berhasil meraih Juara 2 “Urban Concept Battery Electric Award” pada Shell Eco-marathon Asia 2012.

Saat itu, mobil baterai litium yang dibangun oleh Tim Cikal Cakrawala, ITB, berhasil menempuh jarak 74,9 km per kWh.

Keberanian tim mencoba energi alternatif ini diikuti oleh tim Rakata dan tim Cikal Etanol dari ITB yang menggunakan bahan bakar etanol pada Shell Eco-marathon selama beberapa tahun berikutnya.

Saat ini, SEM Asia dan SEM Drivers’ World Championship Asia menjadi bagian penting dari Shell’s Make The Future Festivals of ideas and innovation, sebuah inisiatif global yang dituangkan melalui berbagai acara di Asia, Amerika dan Eropa.

Tahun depan, Tim ITB akan kembali berpartisipasi di ajang SEM Asia 2018, yang merupakan bagian dari festival Make the Future.

 (kpl/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER