HOME » BERITA » MOBIL LISTRIK SUPER KENCANG, PORSCHE TAYCAN AKHIRNYA MENGASPAL

Mobil Listrik Super Kencang, Porsche Taycan Akhirnya Mengaspal

Porshce Taycan, mobil listrik sedan super kencang akhirnya resmi dirilis.

Kamis, 05 September 2019 18:15 Editor : Cornelius Candra
Mobil Listrik Super Kencang, Porsche Taycan Akhirnya Mengaspal
Porsche Taycan (Carscoops.com)

OTOSIA.COM - Setelah beberapa kali menyebar teaser dan tertangkap kamera, akhirnya Porsche Taycan resmi dirilis. Mobil listrik super kencang itu melakoni debutnya di Frankfurt Motor Show.

Untuk saat ini, Porsche Taycan ditawarkan dalam 2 tipe, yakni Turbo dan Turbo S. Kabarnya, mobil listrik tersebut juga akan memiliki versi murah yang dirilis tahun 2020 mendatang.

1 dari 3 Halaman

Desain

Mobil Listrik Super Kencang, Porsche Taycan Akhirnya MengaspalDesain

Secara fisik, Porsche Taycan adalah sebuah super sedan. Pabrikan asal Jerman itu mendesain mobil ini seperti kebanyakan produknya, memiliki kap depan yang lebar dan rendah.

Atapnya pun dibuat melengkung halus serta terdapat beberapa lekukan di bagian samping. Di belakang, tampak tulisan "PORSCHE" yang menyatu dengan taillight-bar.

 

Dengan desain tersebut, Porsche Taycan memiliki koefisien drag yang baik, bahkan nyaris setara supercar, 0,22. Efeknya tentu menunjang performa dan membuat konsumsi dayanya menjadi lebih efisien.

Uniknya, Porsche Taycan memiliki sasis yang fleksibel. Itu tak terlepas dari penggunaan teknologi Porsche Active Suspension Management (PASM) atau suspensi yang dapat menyesuaikan tingkat kelembutan secara otomatis.

2 dari 3 Halaman

Performa

Mobil Listrik Super Kencang, Porsche Taycan Akhirnya MengaspalPerforma

Sebagai sebuah mobil listrik, Porsche Taycan memiliki performa yang terbilang tinggi. Baik tipe Turbo maupun Turbo S sama-sama dibekali motor listrik bertenaga 616 hp.

Namun, Porsche memasangkan Overboost dan Launch Control untuk meningkatkan performa keduanya. Dengan teknologi tersebut, Porsche Taycan Turbo mampu menyemburkan tenaga hingga 671 hp dan torsi 850 Nm.

 

Sementara itu, penggunaan Overboost dan Launch Control pada Porsche Taycan Turbo S membuat tenaganya melonjak hingga 750 hp dengan torsi 1.050 Nm. Namun, kecepatan maksimum keduanya sama, 260 km/jam.

Berkat spesifikasi tersebut, Porsche Taycan Turbo mampu berakselersi dari 0-100 km/jam hanya dalam 3,2 detik. Sedangkan pada Turbo S hanya 2,8 detik.

Tak seperti mobil kebanyakan, motor listrik Porsche Taycan dikawinkan dengan transmisi 2-speed. Gear pertama fokus pada akselerasi, sedangkan gear kedua untuk efisiensi bahan bakar.

Selain itu, mesin Porsche Taycan memiliki beberapa mode berkendara, yakni Normal, Sport, Sport Plus, dan Range. Tersedia juga mode Individual yang dapat disesuaikan dengan karakter pengemudinya.

3 dari 3 Halaman

Baterai dan Harga

Mobil Listrik Super Kencang, Porsche Taycan Akhirnya MengaspalBaterai dan Harga

Menggunakan unit fast-charging, 150 kW, pengisian baterai Porsche Taycan hanya membutuhkan 36 menit untuk mencapai 80%. Sedangkan pada outlet 9,6 kW dibutuhkan 11 jam.

Dengan kondisi baterai penuh hingga kosong, Porsche Taycan diklaim dapat menempuh jarak maksimum 450 km untuk tipe Turbo dan Turbo S mencapai 412 km.

Mengutip dari Carscoops.com, Porsche Taycan Turbo dijual dengan harga terendah USD185.000, sekitar Rp2,1 miliaran, dan USD185.000, setara Rp2,6 miliaran untuk tipe Turbo S (Kurs USD1 = Rp14.155).

Meski harganya terbilang tinggi dan setara supercar, Porsche Taycan sangat ditunggu dan diminati. Buktinya, selama sistem pre-order, pemesanan super sedan listrik ini sudah mencapai 20.000 unit.

BERI KOMENTAR