HOME » BERITA » MOBIL PERTAMA YANG PAKAI KACA SPION ADALAH MOBIL BALAP, SUDAH TAHU?

Mobil Pertama yang Pakai Kaca Spion adalah Mobil Balap, Sudah Tahu?

Kaca spion pertama kali dipakai untuk mobil balap. Kala itu yang memakai adalah pembalap Ray Harroun yang memenangkan balap Indy 500 pada 1911.

Sabtu, 21 September 2019 16:45 Editor : Dini Arining Tyas
Mobil Pertama yang Pakai Kaca Spion adalah Mobil Balap, Sudah Tahu?
Ilustrasi kaca spion (Topspeed)

OTOSIA.COM - Nama Elmer Berger diketahui seabgai penemu kaca spion pada tahun 1921. Tapi ada juga yang menyebutkan bahwa orang bereksperimen pertama kali pada dekade pertama abad ke-20.

Kaca spion sendiri dibuat terinspirasi dari para perempuan yang meletakkan kaca make-up mereka di mobil untuk melihat kondisi di belakang.

Melansir Topspeed, lalu pada tahun 1911, pembalap Ray Harroun memakai kaca spion saat balapan. Dia memakainya untuk memantau kondisi di belakangnya. Siapa yang sudah dekat dengan mobilnya.

1 dari 1 Halaman

Menang Indy 500

Mobil Pertama yang Pakai Kaca Spion adalah Mobil Balap, Sudah Tahu?Menang Indy 500

Ray Harroun pemenang Indy 500 pada tahun 1911. Dan, kaca spion itu mungkin memberikan kontribusi atas keemenangannya.

Memasang kaca spion pada mobil balap memberikan keuntungan besar bagi Harroun. Karena dia tidak harus mengemudi dengan mekanik, Mormon Wasp.

keberadaan mekanik sebenarnya memiliki peran penting, karena membrikan informasi tentang mobil sepanjang balapan. Tapi dengan kaca spion 3 inci dan 8 inci di dasbor, Harroun bisa melakukan balapan itu sendiri.

Menariknya, Harroun mengatakan bahwa dirinya memiliki kaca spion pada gerbong yang ditarik kuda pada saat dia bekerja sebagai sopir taksi pada tahun 1904.

BERI KOMENTAR