HOME » BERITA » SEPEDA MOTOR RAKSASA PENYAMBUNG KEHIDUPAN DI DAERAH TERPENCIL KAMERUN, MUAT 8 ORANG

Sepeda Motor Raksasa Penyambung Kehidupan di Daerah Terpencil Kamerun, Muat 8 Orang

Sepeda motor raksasa penyambung kehidupan namanya. Motor itu dipakai untuk mengangkut 8 orang dan hasil pertanian serta melintasi medan terjal di daeran terpencil di Kamerun.

Rabu, 05 Mei 2021 18:15 Editor : Dini Arining Tyas
Sepeda Motor Raksasa Penyambung Kehidupan di Daerah Terpencil Kamerun, Muat 8 Orang
Motor raksasa di Kamerun (AFP via Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Ide yang tak biasa sering muncul di tengah keterbatasan. Seperti sepeda motor andalan warga di daerah terpencil, di Kamerun.

Sepeda motor yang biasanya hanya diperuntukkan 2 orang, disulap menjadi bisa mengangkut banyak orang. Bahkan bisa sekaligus dipakai untuk mengangkut hasil kebun.

Namanya motor raksasa penyambung kehidupan. Dengan mengangkut 8 orang dan hasil pertanian, motor itu juga mampu melibas jalan rusak bergelombang tanpa aspal.

1 dari 4 Halaman

Motor raksasa di Kamerun (AFP via Liputan6.com)

Sepeda motor raksasa ini dibuat sangat disesuaikan dengan kondisi daerah di Kamerun yang terpencil. Panjangnya bisa lebih dari tiga meter, yang dirancang secara khusus untuk memenuhi celah di pasar transportasi Kamerun.

Motor-motor itu digunakan untuk membawa petani dan hasil panennya ke pasar dan membawa barang-barang kembali ke desa-desa terpencil. Para petani di Baye mengatakan, sepeda motor raksasa adalah penyelamat mereka untuk dapat mencapai pasar di Bafoussam, sekitar 15 kilometer jauhnya, di jalan yang tidak lebih dari trek off road.

"Sepeda motor ini sangat membantu kami. Mobil tidak dapat pergi ke pedesaan. Hanya benskineur (tukang ojek) yang bisa pergi untuk kami," kata Elisabeth Ninkam, seorang petani.

2 dari 4 Halaman

Motor raksasa di Kamerun (AFP via Liputan6.com)

"Jika kita tidak memilikinya, pisang raja, akar talas kita, jagung atau buncis akan membusuk di ladang. Di mana kita tinggal, mobil tidak bisa lewat karena keadaan jalan. Hanya sepeda motor seperti ini yang bisa membawa hasil panen kami ke pasar," kata petani lain, Makam Rose.

Seorang "benskineur" dengan motor yang dipasangi besi-besi penyangga dan jok berukuran panjang, dapat memiliki penghasilan lebih baik hingga tiga kali lipat lebih banyak daripada ojek biasa, yang biasanya menghasilkan sekitar Rp 123 ribu per hari.

 

3 dari 4 Halaman

Di Bafoussam, dua mekanik, Emmanuel Wembe dan Kuate Bachile, bekerja di bengkel beralas tanah untuk membuat sepeda motor raksasa. Sepeda motor ini pada dasarnya dibuat khusus, mekanik menyatukan sasis baru untuk sepeda motor yang kuat dan meningkatkan suspensi.

"Kami membuatnya sesuai pesanan - dari empat kursi hingga 10 kursi," kata Wembe.

 

4 dari 4 Halaman

Motor raksasa di Kamerun (AFP via Liputan6.com)

Sepeda motor seperti ini memang berguna di Kamerun, meskipun pengendaraannya hampir tidak nyaman dan keselamatan di jalan raya sangat berisiko.

"Ada banyak risiko, terutama dalam hal mengelola keseimbangan," kata Ngaleu Michel, seorang guru teknik otomotif di perguruan tinggi teknik Bafoussam, menunjuk pada bahaya dari selip ataupun penumpang yang jatuh.

Penulis: Raden Trimutia Hatta

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR