HOME » BERITA » MOBIL ROBOT SETIR SENDIRI RUPANYA DIGEMARI, KATA SURVEI TERBARU

Mobil Robot Setir Sendiri Rupanya Digemari, Kata Survei Terbaru

Kabar miring mengenai penerapan mobil robot yang bisa menyetir sendiri atau mobil otonom masih menggema setidaknya beberapa tahun belakangan.

Minggu, 16 Juni 2019 17:15 Editor : Dini Arining Tyas
Mobil Robot Setir Sendiri Rupanya Digemari, Kata Survei Terbaru
Mobil Otonom Uber (The Verge)

OTOSIA.COM - Kabar miring mengenai penerapan mobil robot yang bisa menyetir sendiri atau mobil otonom masih menggema setidaknya beberapa tahun belakangan.

Lembaga riset Pew Research pada 2017 menemukan bahwa 53 persen responden Amerika yang mereka survei mengatakan bahwa mobil yang juga diistilahkan 'self-driving' ini membuat mereka merasa 'sangat' atau 'agak' khawatir terkait dengan sejumlah insiden saat uji coba.

Seiring itu, kasus kecelakaan mobil robot atau otonom terjadi pada Maret 2018 lalu. Dalam kasus kali ini, mobil yang tengah duji oleh jasa layanan transportasi Uber menabrak dan menewaskan seorang perempuan pejalan kaki bernama Elaine Herzberg di Arizona.

1 dari 1 Halaman

Hasil Survey

Mobil Robot Setir Sendiri Rupanya Digemari, Kata Survei TerbaruHasil Survey

Sekalipun demikian, ada pula tanggapan positif lainnya. Tanggapan ini datang dari hasil survei yang dilakukan oleh perusahaan Perancis yang menyediakan layanan konsultasi, teknologi, profesional, dan outsourcing, Capgemini.

Survei terhadap lebih dari 5.500 konsumen dan 280 eksekutif otomotif tersebut mendapati sebagian besar responden memberikan tanggapan positif terhadap teknologi ini.

Sejumlah harapan diutarakan responden bahwa mobil self-driving bisa menghemat waktu sekitar 6,5 jam seminggu, dan 63 persen mengatakan bahwa dengannya mereka bisa bersosialisasi dengan teman atau keluarga di dalam kendaraan, baik online maupun saat sama-sama di mobil.

Lalu 65 persen tanggapan positif lainnya datang dari mereka yang merasa kurang tidur dan bisa memanfaatkan waktu di mobil untuk memenuhi kebutuhan tidur. Artinya, mobil robot cocok buat mereka yang sibuk atau masyarakat yang kian hari kian sibuk dan kerap berlama-lama di jalan. Nah, bagaimana menurut Anda?

BERI KOMENTAR