HOME » BERITA » MOBIL SPORT YAMAHA TAHUN 1960-AN DIBUAT TERBATAS

Mobil Sport Yamaha Tahun 1960-an Dibuat Terbatas

Sabtu, 26 Maret 2016 14:00 Editor : Albert
Foto : Yamaha

OTOSIA.COM - Mobil konsep Yamaha menjadi satu fenomena menarik tahun lalu ketika dimunculkan dalam Tokyo Motor Show 2015 dengan nama "Yamaha Sports Ride Concept".

Namun, berpuluh tahun lalu, Yamaha sebenarnya sudah membuat mobil. Kendaraan tersebut bahkan bukan cuma konsep, tetapi sudah berwujud mobil utuh dan dijual, di tahun 1960-an.

Mobil yang masih bisa dilihat di museum Yamaha, "Yamaha Communication Plaza", di Shizuoka, Jepang, ini dibangun bersama Toyota, khusus untuk bagian bodinya.

Ia pun cukup terkenal di kalangan kolektor, dan dinamai Toyota 2000GT. Panjangnya 4,175 meter dengan lebar dan tinggi 1,6 meter dan 1,16 meter. Sementara itu, beratnya 1,12 ton.

Bodi dan bagian lain selain mesin digarap bersama Toyota Motor Co., Ltd, dan dicetak menggunakan teknologi FRP (Fiber-Reinforced Plastic) Yamaha dengan menggabungkan bahan polimer dengan serat. Itu merupakan tekonologi paling canggih pada masanya.

Toyota 2000GT dipasangi mesin enam silinder Toyota Crown yang kemudian dikembangkan menjadi bersistem DOHC bertenaga 150 hp.

Organ sportnya antara lain lewat suspensi double-wishbone dengan rem cakram di keempat roda yang menggunakan pelek berbahan magnesium.

Kenapa dikejar-kejar kolektor? Selain unik karena mengandung tangan dingin Yamaha, produksinya total hanya 337 mobil, dan 115 di antaranya dijual ke berbagai negara di luar Jepang.

(kpl/why/abe)

BERI KOMENTAR