HOME » BERITA » MOBIL TOYOTA RP250 JUTAAN, PILIH RUSH ATAU SIENTA?

Mobil Toyota Rp250 Jutaan, Pilih Rush atau Sienta?

Senin, 24 September 2018 15:15 Editor : Cornelius Candra
Foto: Toyota Sienta/ Toyota

OTOSIA.COM - PT Toyota Astra Motor (TAM) menawarkan produk yang cukup lengkap di pasar motor Indonesia. Pabrikan asal Jepang ini menyediakan mobil dengan berbagai harga, mulai Rp100 jutaan hingga yang termahal Rp1 miliaran.

Dengan budget maksimum Rp250 juta, TAM menawarkan varian termurah Toyota Sienta E MT dengan banderol Rp234,25 juta. Selain itu, ada Toyota Rush G MT yang dipatok Rp240 juta.

Toyota Rush

Keduanya memang menghuni segmen yang berbeda, Toyota Sienta di MPV, sedangkan Toyota Rush terlahir sebagai sebuah crossover. Namun, kedua mobil tersebut sama-sama mampu menampun 7-penumpang sekaligus.

Dirunut dari dimensinya, keduanya sebenarnya tak terlalu berbeda. Toyota Rush memiliki panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.705 mm. Sementara itu, Toyota Sienta memiliki panjang 4.235 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.675 mm. Dengan kata lain, Toyota Rush lebih panjang dan tinggi dibanding Toyota Sienta.

Toyota Sienta

Sektor kaki-kaki sebenarnya juga tak jauh berbeda. Baik Toyota Rush maupun Toyota Sienta sama-sama dibekali suspensi depan MacPherson Strut dan mengandalkan Multi-Link di belakang. Hanya saja, TAM menyematkan ban 215/65 R16 pada Toyota Rush, sedangkan ukuran ban Toyota Sienta lebih kecil, 185/60 R15.

Meski sama-sama mengusung mesin bensin 1.496cc, tenaga Toyota Sienta justru sedikit lebih unggul, 109 hp dengan torsi 143 Nm. Sedangkan Toyota Rush disuplai tenaga sebesar 103 hp dan torsinya mencapai 136 Nm. Keduanya dikawinkan dengan sistem transmisi manual.

Fitur keduanya pun nyaris sama. Baik Toyota Rush maupun Toyota Sienta sama-sama dibekali steering mounted audio control, sistem hiburan dengan soket USB, Hill Start Assist dan LED headlight.

Toyota Rush

Tapi Toyota Rush bisa dibilang lebih unggul di sisi fitur. Crossover ini dibekali dengan lampu kabut, keyless entry, cruise control, built-in alarm, dan engine immobilizer.

Meski demikian, Toyota Sienta juga memiliki beberapa kelebihan, seperti stir berbalut bahan semi-kulit, engine star-stop button, disc brake di belakang, dan antena elektrik.

Jadi, dengan budget maksimal Rp250 juta, Toyota Sienta memang terlihat menggiurkan karena masih menyisakan Rp15 jutaan. Namun, Toyota Rush yang Rp5,75 juta lebih mahal menyajikan berbagai fitur menarik serta tampilan gagah khas crossover.

 (kpl/crn)

BERI KOMENTAR