HOME » BERITA » MODEL YANG POPULER DI AWAL 2000-AN DAN KENAPA DISEBUT MOTOR 'AYAGO'?

Model yang Populer di Awal 2000-an dan Kenapa Disebut Motor 'Ayago'?

Jum'at, 14 April 2017 14:15

Model yang Populer di Awal 2000-an dan Kenapa Disebut Motor 'Ayago'?
Foto: Istimewa
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Motor bebek sport dengan suspensi depan layaknya motor sport sudah sangat familier untuk para bikers tanah air. Terlebih dengan hadirnya All New Honda Sonic dan yang sebelumnya All New Satria 150FI dan motor-motor jenis ini sebelumnya.

Selain sebagai motor bebek sport, model ini bagi masyarakat Indonesia juga disebut dengan 'Ayago' atau singkatan dari 'Ayam Jago'. Loh kok bisa jadi nama motor jenis ini?

Kemungkinan penamaan tersebut diambil karena bentuknya, dari depan model ini kelihatan seperti motor sport atau 'motor laki'. Kemudian dari segi bentuknya tetap seperti motor bebek namun memiliki postur yang sedikit lebih besar.

Kita ketahui bersama, model motor Ayago di era awal tahun 2000-an sangat banyak diminati kalangan anak muda. Sejumlah ATMP menawarkan produknya dengan keunggulannya masing-masing.

Pabrikan berlogo sayap, Honda dengan motor berjuluk Nova Dash yang memiliki desain sporty dengan mesin 125cc. Kemudian terus dikembangkan menjadi Honda Sonic 125 yang menjadi gen dari All New Sonic 150 sekarang ini.

Suzuki dengan motor yang memiliki nama Rider bermesin 125cc DOHC. Kemudian menjadi Satria 150 yang masih bermesin dua langkah dan juga menjadi embrio New Satria 150FI sekarang ini.

Kawasaki pada era itu juga menawarkan Athlete sebagai model 'Ayago' darinya dengan mesin 125cc. Sebelumnya Kawasaki juga memiliki motor yang diberi julukan Leo yang didatangkan ke Indonesia secara CBU.

Sementara pabrikan Yamaha juga memiliki model Ayago dengan Tiara 125 bermesin 125cc. Motor ini yang memiliki desain lebih modern dibandingkan model Ayago sebelumnya, yakni Yamaha Champ.

 (kpl/rd)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER