HOME » BERITA » MODIFIKASI GOKIL, MOTOR INI KAWINKAN 2 MESIN SUZUKI HAYABUSA

Modifikasi Gokil, Motor Ini Kawinkan 2 Mesin Suzuki Hayabusa

Seorang pembalap dan perusahaan asal Inggris berhasil membuat motor dengan mengawinkan 2 mesin 1.340 cc Suzuki Hayabusa.

Rabu, 11 Desember 2019 14:45 Editor : Cornelius Candra
Modifikasi Gokil, Motor Ini Kawinkan 2 Mesin Suzuki Hayabusa
Motor bermesin 2 Suzuki Hayabusa (motorcyclenews.com)

OTOSIA.COM - Suzuki Hayabusa sempat menjadi motor terkencang di masanya. Berbekal mesin 4-silinder 1.340 cc DOHC, sportbike ini tercatat pernah melaju dengan kecepatan maksimum 310 km/jam.

Baru-baru ini, mengutip dari Motorcyclenews.com, seorang pembalap bernama Zef Eisenberg mengendarai motor bermesin V8 yang menggabungkan 2 jantung pacu Suzuki Hayabusa.

"Saya tidak ingat kapan, tapi saya pernah punya ide untuk memiliki motor bermesin V8. Memang, motor ini bukanlah yang pertama, tapi saya ingin bentuknya seperti motor kebanyakan dan tetap ringan," ujar Zef.

1 dari 2 Halaman

Suara Mobil Formula 1

Modifikasi Gokil, Motor Ini Kawinkan 2 Mesin Suzuki HayabusaSuara Mobil Formula 1

Zef menggarap motor ini bersama dengan perusahaan mesin asal Inggris, RPE (Radical Performance Engines). Mereka pun menggarap sasis tubular khusus untuk mengangkut dapur pacu tersebut.

"Mereka (RPE) telah melakukan pekerjaan yang hebat dengan mengawinkan 2 mesin Suzuki Hayabusa ini. Tapi saya ingin lebih compact. Akhirnya terciptalah mesin V8 yang bertenaga 480 hp," tambahnya.

Zef pun mengungkapkan bahwa mesin V8 Suzuki Hayabusa dibuat persis seperti konfigurasi yang digunakan oleh Ferrari. Pasalnya, ia ingin motor tersebut mengeluarkan suara layaknya mobil Formula 1.

2 dari 2 Halaman

Berencana Dijual

Modifikasi Gokil, Motor Ini Kawinkan 2 Mesin Suzuki HayabusaBerencana Dijual

Fokus utama Zef ialah penampilan dan pengendaliannya yang sama dengan motor kebanyakan. Karena itu, mesin V8 Suzuki Hayabusa ini dibuat tanpa balance-shaft sehingga bobotnya hanya 80 kg.

Tak hanya menggarap dapur pacu dan sasis, RPE juga mengatur semua sistem elektronik pada motor ini, termasuk Pulse Widht Modulation. Komponen ini berfungsi untuk mengatur putaran kipas pendingin agar tak bersuara terlalu keras.

Tentu biaya pengembangan motor ini tak sedikit. Karena itu, Zef dan RPE berencana untuk menjualnya pada tahun 2020 mendatang dengan harga sekitar GBP150.000, setara Rp2,7 miliaran (Kurs GBP1 = Rp18.402).

BERI KOMENTAR