HOME » BERITA » MODIFIKASI LAMPU MOBIL UNTUK MUDIK 2019, JANGAN SEMBARANGAN

Modifikasi Lampu Mobil untuk Mudik 2019, Jangan Sembarangan

Sebelum mengganti lampu untuk meningkatkan kenyamanan saat mudik 2019 nanti, perhatikan dulu beberapa hal ini.

Senin, 27 Mei 2019 20:15 Editor : Cornelius Candra
Modifikasi Lampu Mobil untuk Mudik 2019, Jangan Sembarangan
Suzuki Ertiga Sport (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Berbagai persiapan menjelang mudik Lebaran 2019 sudah mulai dilakukan, bahkan dari jauh-jauh hari. Preparasi biasanya lebih banyak dilakukan oleh mereka yang berencana menggunakan mobil pribadi, baik sekadar perawatan maupun modifikasi.

Jika Anda ingin mudik dengan nyaman, Anda bisa melakukan modifikasi ringan yang menunjang kenyamanan dan keselamatan saat mudik, salah satunya mengganti lampu.

"Kalau untuk dari keselamatan dan kenyamanan mudik, mereka biasanya kan jalan siang dan malam hari. Dari faktor pencahayaan, sama visual (water spot atau jamur dibersihkan), kaca film jangan terlalu gelap. Dan yang penting adalah pencahayaan. Kalau merasa gelap, sebaiknya ganti ke halogen sesuai fungsi, HID, atau ke lensa, " ungkap Yoong dari Yoong Motor saat buka bersama IMX 2019 bersama media, di Jakarta, kemarin (25/05/2019).

Menurut Yoong dalam Liputan6.com, mobil-mobil terbaru sudah mengadopsi sistem projector LED. Sistem ini terang di negara maju, karena jalanan yang dicor. Karakter warna jalan tidak berubah meski terkena hujan atau cerah. Kalau di Indonesia didominasi oleh aspal yang berwarna gelap, dan semakin gelap saat hujan.

"Nah untuk lampu kita sarankan HID dengan pilihan warna putih agak kecoklatan di 4300 kelvin, sekarang ada warna baru 5500 kelvin putih kemerahan, itu masih aman. Karena jalan kita masih oke, dan HID sinarnya paling powerful," ungkap Yoong.

1 dari 1 Halaman

Biaya

Modifikasi Lampu Mobil untuk Mudik 2019, Jangan SembaranganBiaya

Mengenai biaya bisa bervariasi. Untuk penggunaan HID membutuhkan biaya setidaknya Rp1,5 juta. Nominal tersebut bisa bertambah seiring kualitas dan merek yang digunakan, begitu juga dengan spesifikasinya.

Yang harus diperhatikan sebenarnya ialah pengaturan pencahayaan lampu. Jika salah, maka sorotnya tidak akan maksimal dan justru bisa membahayakan pengendara dari arah lain dan diri sendiri.

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR