HOME » BERITA » MODUS KONSUMEN GODA SPG DI PAMERAN OTOMOTIF

Modus Konsumen Goda SPG di Pameran Otomotif

Senin, 18 April 2016 15:15 Editor : Sony
Foto: Hafid

OTOSIA.COM - Tak seperti SPG (Sales Promotion Girl), seorang Sales Girl atau pramuniaga wanita memiliki tuntutan pekerjaan yang cukup berat saat mengikuti pameran otomotif.

Salah satunya yaitu target penjualan. Angelina, salah satu sales girl mobil merek Jepang mengatakan bahwa dirinya ditargetkan untuk bisa menjual 3 mobil setiap 1 shift selama pameran berlangsung. Bukan angka besar sebenarnya. Namun mengingat banyaknya sales yang bekerja saat pameran, angka tersebut menjadi terlihat besar dalam waktu kerja yang sedikit.

Sama halnya dengan Vitia seorang sales girl BMW yang baru menggeluti dunia marketing selama 9 bulan. Ia mengaku cukup sulit berjualan saat pameran karena banyaknya sales yang bekerja.

Berbagai konsekuensi pun menunggu apabila target tak terpenuhi. Penahanan jatah insentif sebesar 50 persen selama 3 bulan menjadi hukuman bagi Angel. Berbeda dengan Vitia, jatah mengikuti pameran dapat dikurangi apabila target penjualan tak tercapai.

Tantangan sales girl tak berhenti sampai di situ. Layaknya SPG, modus konsumen nakal saat pameran juga sering terjadi.

Penampilan yang menarik dan rapi sudah menjadi tuntutan para pramuniaga wanita ini. Tak jarang mereka pun menjadi sasaran konsumen nakal yang hanya sekedar mencari kesenangan.

"Selam ini sih aman-aman saja, tapai kalau modus sih banyak. Seperti dijanjiin mau dibeliin mobil dari yang murah sampai yang mahal, bahkan rumah atau apartemen," ungkapnya.

Namun begitu, Ia mengaku tak merasa risih menghadapi konsumen seperti itu. Justru pandangan negatif mengenai sales yang mengganggunya.

"Dibawa becanda saja. Minusnya jadi sales itu sering dianggap negatif. Seperti kerjaan yang dianggap tidak jelas, terus seperti rendahan gitu. Tapi ya namanya jualan, semua juga jualan sama sajalah, gimana cara memandangnya," akunya.

(kpl/fid/sno)

BERI KOMENTAR