HOME » BERITA » TES KELAK-KELOK HONDA JAZZ VS TOYOTA YARIS, SIAPA YANG LEBIH ANDAL?

Tes Kelak-kelok Honda Jazz vs Toyota Yaris, Siapa yang Lebih Andal?

Jum'at, 28 September 2018 16:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Honda

OTOSIA.COM - Tak hanya uji tabrak, kendaraan baru pun perlu diuji ketahanannya saat melewati jalan yang berkelok. Atau, lebih tepatnya saat digunakan untuk zig-zag.

Tes ini biasa disebut dengan moose test. Kendaraan dipacu dengan kecepatan tinggi lalu dipakai untuk melaju secara zig-zag.

Moose tes ini pernah dilakukan untuk Toyota Yaris (2017) dan All New Honda Jazz (2018). Kedua hatchback premium milik dua pabrikan raksasa Jepang ini mendapatkan hasil yang berbeda.

Pada moose test yang dilakukan oleh KM77.com, Honda Jazz memberikan hasil yang bagus, setelah membuat manuver dengan berpindah jalur dengan kecepatan tinggi.

Jalur moose test yang dibagi menjadi 3 koridor ini menggunakan panjang dan jarak yang berbeda-beda. Pada kecepatan 80 km/jam, hatchback premium Honda itu lancar tanpa menyentuh satupun traffic cone.

Percobaan dinaikkan hingga kecepatan 85 km/jam. Sayang sekali, satu traffice cone tumbang. Dari video moose test memang terlihat, generasi paling akhir Honda Jazz, sebelum versi 2019 meluncur, lebih stabil saat melaju zig-zag.

Begitu pula saat tes slalom dilakukan Jazz. Handling Jazz tepat, meskipun bodi mobil sedikit bergoyang dan kontrol yang tak terputus, serta intervens cukup ketika terjadi selip ban. All New Honda Jazz menggunakan mesin 1.5 i-Vtec Dynamic.

Lalu apakah hatchabck premium milik Toyota akan mendapatkan hasil yang sama?

Dari hasil tes, sayangnya Yaris tak seperti Jazz yang masih stabil pada kecepatan 80 km/jam. Pada kecepatan 74 km/jam, Yaris masih sanggup melibas trek moose test meskipun sedikit menyenggol traffic cone. Tapi tidak saat kecepatan naik ke 76 km/jam.

Kestabilan Yaris mulai oleng dan menumbangkan traffic cone di koridor B. BEruntung untuk tes slalom, Yaris melaju dengan lancar pada rentang kecepatan 50-60 km/jam.

Moose test ini cukup penting, mengingat di jalanan saat ini mengemudi zig-zag juga sering dilakukan para pengemudi. Tentu selain skill pengemudi itu sendiri, ketahanan kendaraan juga penting. Tak jarang kendaraan justru terbalik saat dipakai bermanuver zig-zag.

 (kpl/tys)

BERI KOMENTAR