HOME » BERITA » MOTOGP TAK PERNAH MEMIHAK KEBANGSAAN TERTENTU

MotoGP Tak Pernah Memihak Kebangsaan Tertentu

Senin, 05 Februari 2018 10:00
Tech 3: 'MotoGP tak pernah memihak kebangsaan tertentu' (c) AFP

Otosia.com - Pusing tujuh keliling mencari pengganti Jonas Folger untuk MotoGP 2018, bos Monster Yamaha Tech 3, Herve Poncharal menepis gosip bahwa Dorna Sports ikut campur dan memintanya menggaet rider Spanyol. Dalam wawancaranya bersama Crash.net, Poncharal menegaskan rider negara mana pun bisa saja terpilih sebagai ridernya, asal kompetitif.


Poncharal juga membantah bahwa sponsor utamanya, Monster Energy telah memaksanya menggaet rider Amerika Serikat, mengingat nama rider MotoAmerica, Cameron Beaubier juga kerap dikaitkan dengan Tech 3 belakangan ini. Pria Prancis ini pun menegaskan bahwa kebangsaan pembalap bukanlah penentu nasib di MotoGP.


"Saat orang bilang, "rider ini di sini karena ia orang Spanyol, Italia, Jerman, Prancis" ini sungguh omong kosong. Marc Marquez ada di sini bukan karena dari Spanyol, tapi karena ia rider tercepat. Ia memang orang Spanyol dan sponsornya dari Spanyol, tapi so what? Jika besok ada rider Polandia bertalenta mengalahkan Marc secara konsisten, ia jelas bakal punya motor pabrikan," ujarnya.
Herve Poncharal dan Jonas Folger (c) Tech 3
Poncharal meyakini bahwa kebangsaan bukanlah masalah seperti yang diduga kebanyakan orang. Menurutnya, sponsor pasti memiliki keinginan untuk "dilihat", tapi jika seorang rider punya kebangsaan yang mewakili pasar penting sponsornya, namun justru terbuncit di setiap balapan, hal ini takkan berdampak sama sekali.


"Saya sedih jika harus menggaet rider hanya karena kebangsaan. Monster sudah populer di Amerika Serikat, maka apa lebih menarik bagi mereka untuk kuat di mana mereka sudah kuat, atau lebih menarik buka pasar baru? Entah, tapi sebelum bicara soal pasar, saya ingin bicara soal persaingan dan punya rider yang bisa memberi sesuatu untuk kami rayakan," tuturnya.


Poncharal juga menyatakan bahwa dirinya menggaet Folger pada pertengahan 2016 bukan karena ia berasal dari Jerman. Menurutnya, Folger merupakan rider yang cepat, tak peduli apa kebangsaannya. Ia juga menegaskan bahwa tak pernah sekalipun Dorna Sports memaksanya menggaet pembalap dengan kebangsaan tertentu.


"Yang saya baca adalah omong kosong dan bikin saya gila. Dorna tak pernah berkata, "rekrutlah rider ini karena ia berasal dari kebangsaan ini dan ini bakal membantu siaran televisi." Lagipula, MotoGP sudah sangat kuat di Spanyol, punya empat seri, punya sponsor macam Movistar dan Repsol. Jadi buat apa mendukung Spanyol lebih besar lagi? MotoGP kejuaraan dunia, bukan kejuaraan nasional Spanyol. Jadi jelas ada ketertarikan besar untuk punya berbagai kebangsaan," tutup Poncharal. (cn/kny)

BERI KOMENTAR