HOME » BERITA » MOTOR 2-TAK NAIK DAUN LAGI, PELUMASNYA TETAP SIAP

Motor 2-Tak Naik Daun Lagi, Pelumasnya Tetap Siap

Tren sepeda motor di Indonesia cukup beragam termasuk booming-nya kembali mesin-mesin 2-tak seiring tren retro dan 90s.

Rabu, 29 Mei 2019 17:15 Editor : Ahmad Muzaki
Motor 2-Tak Naik Daun Lagi, Pelumasnya Tetap Siap
Ilustrasi pelumas (ericpetersautos.com)

OTOSIA.COM - Tren sepeda motor di Indonesia cukup beragam termasuk booming-nya kembali mesin-mesin 2-tak seiring tren retro dan 90s.

Evalube sebagai produsen pelumas pun mendapati fenomena unik ini termasuk dalam penjualan pelumas mereka. Pasalnya, hingga hari ini mereka masih menyediakan pelumas untuk mesin-mesin lawas yang sedang bangkit lagi tersebut. Bahkan persentase penjualan mereka cukup besar.

"Kalau dibanding pelumas 4-tak, 60-40. Empat puluh persen lebih masih di 2T masih cukup besar walaupun kontribusi luar Jawa," kata Marketing Manager Evalube lvan Rastianto.

Menurut dia, pasar 2-tak ini unik. Salah satu yang sedang ramai adalah RX-King, selain juga Vespa-Vespa keluaran tahun lama, serta Ninja 150.

"Sekarang lagi booming lagi, RX-King sekarang jadi mahal. Kami sampai kerja sama dengan komunitas dari Bandung sampai Kalimantan Barat. Mereka juga bantu jual produk kami. Tapi pakainya yang synthetic yang low smoke. Itu banyak sampai mereka pada pakai," ujarnya merujuk pada produk Evalube khusus 2-tak berkode warna kuning.


1 dari 2 Halaman

Regulasi Kendaraan Lawas

Motor 2-Tak Naik Daun Lagi, Pelumasnya Tetap SiapRegulasi Kendaraan Lawas

Salah satu pasar besar yang mereka sediakan untuk mesin 2-tak juga mencakup mesin-mesin di luar kendaraan beroda.

"Kalau yang (kode warna) hijau ada yang lari ke Vespa lama. Tapi di Indonesia ada pasar besar untuk non-roda, kapal tempel, genset buat di tengah laut. Kami masuk juga di segmen itu. Indonesia kan kaya ya, ada hutan yang butuh mesin potong, ada nelayan," ujarnya.

Satu yang menarik dari fenomena ini adalah tidak sulitnya para penyuka kendaraan lawas dalam hal regulasi.

"Kita alhamdulillah enggak ada regulasi motor-mobil lama pajaknya lebih mahal. Jadi ya (masih dipakai)," ujarnya seraya menyebut bahwa Evalube masih menyediakan pilihan pelumas untuk skutik lawas Kymco dan Mio yang secara clearence tidak terlalu rapat sehingga butuh pelumas yang kental.

2 dari 2 Halaman

Ngabuburide

Motor 2-Tak Naik Daun Lagi, Pelumasnya Tetap SiapNgabuburide

Sementara itu, Evalube bersama komunitas motor menebar kebaikan dalam kegiatan Ngabuburide, bagian dari gelaran 'My Ramadhan, My Charity'.

Pada kegiatan ini, Evalube dan bikers dari komunitas Gila Motor ingin membuktikan komunitas otomotif juga punya kegiatan positif antara lain berbagi di kala ramadan.

Ngabuburide diisi dengan memberikan santunan kepada anak-anak yatim piatu dan donasi kepada yayasan panti asuhan.

"Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada mereka yang membutuhkan. Kegiatan Ngabuburide ini juga diadakan sebagai wadah silaturahmi antar bikers dengan cara yang positif dan bermanfaat. Semoga kegiatan ini mampu membawa berkah dan ajang pahala," kata Brand Manager Evalube, Bambang Eka.

Rangkaian Ngabuburide ini telah dilakukan di 3 kota besar, yakni Jakarta yang digelar pada 17 Mei 2019, Yogyakarta (18 Mei 2019) dan Surabaya, Jawa Timur (19 Mei 2019).

BERI KOMENTAR