HOME » BERITA » MOTOR BUKAN FAKTOR UTAMA, INI KUNCI KEBANGKITAN ALEX MARQUEZ DI MOTOGP 2020

Motor Bukan Faktor Utama, Ini Kunci Kebangkitan Alex Marquez di MotoGP 2020

Ini kunci kebangkitan performa Alex Marquez di MotoGP 2020

Rabu, 04 November 2020 11:15 Editor : Ahmad Muzaki
Motor Bukan Faktor Utama, Ini Kunci Kebangkitan Alex Marquez di MotoGP 2020
Pembalap Repsol Honda, Alex Marquez, melakukan selebrasi usai menjuarai balapan MotoGP Aragon, Spanyol, Minggu (18/10/2020). Alex Rins berhasil finis pertama dengan catatan waktu 41 menit, 54,391 detik. (AP Photo/Jose Breton)

OTOSIA.COM - Meski di awal musim performa pembalap Repsol Honda, Alex Marquez sangat buruk, tetapi seiring berjalannya waktu penampilannya meningkat tajam. Bahkan adik dari Marc Marquez tersebut berhasil finis kedua secara berturut-turut, yakni di seri Prancis dan Aragon.

Di MotoGP Teruel pun sebenarnya Alex tampil gemilang. Ia cukup kompetitif dan bersaing merebutkan podium ketiga. Apesnya Alex malah terjatuh dan gagal finis.

Lantas sebenarnya apa kunci kebangkitan Alex Marquez di MotoGP 2020 ini?

1 dari 2 Halaman

Alex Marquez pun membeberkan kunci kebangkitannya di MotoGP 2020. Menurutnya adalah sesi tes yang ia jalani di Sirkuit Misano, San Marino, pertengahan September. Adik dari Marc Marquez itu mendeksripsikan dirinya jadi sosok berbeda sejak tes Misano.

"Bagi saya, hal utama adalah kami harus memisahkan paruh pertama musim hingga tes Misano dan kemudian setelah tes Misano seperti Alex yang berbeda atau gaya berkendara yang berbeda," Alex Marquez menjelaskan.

"Di tes Misano kami mencoba banyak hal, tapi misalnya rencananya hanya membuat 60 lap dan dalam satu hari saya berkata: 'Oke sekarang kami sudah mencoba semuanya, biarkan saya sendiri di trek untuk mencoba banyak hal di motor'."

"Mencoba lebih mulus (dalam mengendarai motor), coba sesuatu untuk gaya membalap saya agar meningkatkan beberapa hal, memiliki perasaan dan kepercayaan yang Anda butuhkan dengan motor ini. Ini adalah kuncinya," lanjut juara dunia Moto2 2019 itu.

2 dari 2 Halaman

Faktor Utama Bukan Motor Honda

Duo Repsol Honda, Stefan Bradl dan Alex Marquez. (ANDREAS SOLARO / AFP)

Pada tes Misano, Honda sendiri mencoba shock belakang baru produksi Ohlins. Tapi Alex Marquez menegaskan kunci kebangkitan performa dirinya ada pada faktor individu bukan motor Honda RC213V.

"Memang benar Honda melakukan pekerjaan yang baik dan memberi kami hal-hal bagus untuk mendapatkan kepercayaan diri," Alex menuturkan.

"Tapi selain itu saya pikir adalah perubahan mentalitas, perubahan pendekatan. Bagaimana cara melakukannya," lanjutnya.

Berkat kebangkitan dirinya itu, kini Alex Marquez menempati posisi ke-13 di klasemen sementara MotoGP 2020. Ia berhasil mengumpulkan 67 poin.

Penulis: Hendry Wibowo

Sumber: Bola.com

BERI KOMENTAR