HOME » BERITA » MOTOR CAFE RACER INI HANYA ADA 750 UNIT DI DUNIA, HARGA SETARA OUTLANDER SPORT

Motor Cafe Racer Ini Hanya Ada 750 Unit di Dunia, Harga Setara Outlander Sport

Jum'at, 25 Januari 2019 12:45 Editor : Cornelius Candra
Triumph Thruxton TFC (Motorcyclenews.com)

OTOSIA.COM - Motor bergaya retro saat ini tengah mengalami masa jayanya. Beberapa pabrikan bahkan telah merilis produk baru yang kental dengan nuansa lawas, salah satunya Triumph.

Mengutip dari Motorcyclenews.com, pabrikan asal Inggris tersebut baru-baru ini merilis motor gede dengan tampilan cafe racer bernama Triumph Thruxton TFC.

Sebenarnya, motor ini merupakan hasil kustom dari divisi modifikasi mereka, Triumph Factory Custom (TFC). Basisnya adalah Triumph Thruxton R yang dilengkapi dengan beberapa komponen baru.

Di sektor depan, kini terpasang bikini fairing atau half-fairing yang melengkung halus khas motor balap jalana Britania Raya era 1960-an. Selain itu, Triumph juga menyematkan suspensi upside-down keluaran Ohlins.

Sedangkan di bagian tengah sampai belakang terdapat jok dengan jahitan melintang dan dual-suspension dari Ohlins. Tak lupa, cover jok untuk mendapatkan tampilan mirip buntut tawon khas cafe racer.

Ubahan tak hanya dilakukan pada tampilannya, tapi juga performa. Mesin Triumph Thruxton TFC menghasilkan tenaga yang lebih besar dibanding basisnya, sekitar 105 hp, naik 10 hp, dengan torsi maksimum 115 Nm dari sebelumnya 112 Nm.

Menariknya, meski menggunakan komponen yang lebih banyak dari basisnya, bobot Triumph Thruxton TFC justru turun 5 kg, menjadi 198 kg. Hal itu tak terlepas dari bodi berbahan karbon, sasis aluminium, dan aki khusus.

Sayangnya, Triumph Thruxton TFC hanya ada 750 unit di dunia dan pihak Triumph tak berencana untuk memproduksi motor ini lagi. Karena terbatas, harganya pun terbilang tinggi dan setara Mitsubishi Outlander Sport, mencapai GBP17.500, sekitar Rp325 jutaan (Kurs GBP1 = Rp18.556).

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR