HOME » BERITA » MOTOR CUSTOM TERKENA BANJIR, BAGAIMANA PENANGANANNYA?

Motor Custom Terkena Banjir, Bagaimana Penanganannya?

Terkait dengan banjir besar yang melanda Jabodetabek, bagaimana jika motor custom ikut menjadi aset yang ikut terkena banjir?

Sabtu, 04 Januari 2020 15:15 Editor : Ahmad Muzaki
Motor Custom Terkena Banjir, Bagaimana Penanganannya?
Ilustrasi motor custom (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Dalam beberapa tahun terakhir motor custom cukup menjadi tren di Tanah Air. Bahkan dua pabrikan, Kawasaki dan Yamaha turut menelurkan motor baru bergaya klasik.

Tidak sedikit pemilik motor bawaan pabrik menyambangi bengkel-bengkel custom untuk menyulap motornya menjadi aliran vintage. Ada yang memilih ubahan bergaya cafe racer, scrambler, bobber, chopper, tracker, boardtracker, dan sebagainya.

Nah terkait dengan banjir besar yang melanda Jabodetabek, bagaimana jika motor custom ikut menjadi aset yang ikut terkena banjir?

1 dari 3 Halaman

Ada Perawatan Khusus?

Motor Custom Terkena Banjir, Bagaimana Penanganannya?Ada Perawatan Khusus?

Menurut Arie Indra Perkasa dari Street Arts Custom (SAC), pada dasarnya perlakuan dan perbaikan motor standar pabrik dan motor custom usai kena banjir sama saja. Karena secara teknis, terutama mesin atau jantung pacu tidak banyak berubah.

?Sama aja sih, karena secara teknis umumnya sama. Hanya ada perubahan konsep saja. Jadi ketika banjir, ya perawatannya tidak berbeda,? terangnya.

2 dari 3 Halaman

Perawatan Usai Terobos Banjir

Motor Custom Terkena Banjir, Bagaimana Penanganannya?Perawatan Usai Terobos Banjir

Lalu Arie membagi dua kategori perawatan dan hal-hal yang dihindari ketika motor terkena banjir. Pertama adalah saat terjebak banjir di jalan dan motor terendam air saat tidak digunakan di rumah.

Misalnya ketika menerobos banjir motor menjadi mati, yang harus dilakukan adalah segera mematikan kontak dan diharamkan untuk memaksanya langsung menghidupkan mesin. Kalau perlu cari bengkel terdekat untuk penanganan darurat.

Ia menyarankan jika memungkinkan memakai jasa mobil angkut untuk mengirimkan motor ke bengkel. Jangan coba-coba menghidupkan jika kurang mengerti langkah-langkah penanganan motor terkena banjir.

?Kalau mogok, segera lepaskan kabel accu negative. Keringkan seluruh komponen kelistrikan menggunakan kompresor. Kuras karburator jika motor masih menggunakan karbu. Kalau perlu kuras tangki, dan yang pasti ganti oli,? imbuhnya.

3 dari 3 Halaman

Perawatan Motor Terendam Air

Motor Custom Terkena Banjir, Bagaimana Penanganannya?Perawatan Motor Terendam Air

Sedangkan jika motor terendam air saat diparkir di rumah, perlakuannya tidak jauh berbeda saat mogok usai menerabas genangan air, seperti mencabut kabel accu negative, kuras karburator jika non injeksi.

?Tidak beda, sama kok, juga ganti oli dan kuras tangki bensin. Bilas motor menggunakan air bersih jika berlumpur dan keringkan seluruh komponen kelistrikan,? paparnya.

Sementara itu, saran yang sama juga diberikan oleh Dadan Danil, Asisten Trainer di Technical Training PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W. Jika motor sudah terlanjur terendam, kata dia, segera mencopot aki dan socket atau kelistrikan

?Cek kondisi oli mesin. Segera ganti kalauoli jadi putih atau tercampur air. Sebaiknya kuras olinya dengan 3 kali pergantian oli,? terang Dadan.

Tidak lupa untuk juga mengganti filter udara dan busi. ?Untuk motor dengan karburator, bongkar karbunya dan bersihkan. Buka busi, lalu selah atau engkol mesin biar air bisa keluar dari ruang bakar,? tutupnya.

BERI KOMENTAR