HOME » BERITA » MOTOR JADI BOROS BBM, BISA JADI INI PENYEBABNYA

Motor Jadi Boros BBM, Bisa Jadi ini Penyebabnya

Sabtu, 23 Februari 2019 19:45 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi pemotor (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Sepeda motor boleh dibilang menjadi kendaraan favorit untuk keseharian. Selain murah, irit, juga dapat menembus kepadatan. Namun apa jadinya jika motor secara teknis dalam keadaan standar dan dipakai harian menjadi boros bahan bakar?

Ini tentu dapat menimbulkan tanda tanya pemiliknya. Menurut PT Wahana Makmur Sejati, main dealer sepeda motor Honda Jakarta dan Tangerang, setidaknya ada lima hal yang menjadi penyebab boros tidaknya konsumsi bensin.

Pertama, situasi jalan yang dilalui dalam kondisi macet, karena meskipun posisi motor sedang berhenti, namun putaran mesin tidak berhenti.

Kedua, kondisi jalanan yang dilalui menanjak, di mana pada kondisi jalan tersebut pengendara motor membuka gas lebih banyak ketimbang kondisi jalan landai atau datar, sehingga mengakibatkan putaran mesin lebih tinggi dan konsumsi bensin menjadi lebih banyak. Demikian juga pada jalan yang bergelombang, atau cenderung rusak.

Ketiga, cara pemakaian juga mempengaruhi konsumsi bensin. Misalnya, ketika motor berhenti di persimpangan atau lampu merah, sering memainkan gas secara terus-menerus, sering ngebut, dan sering mengerem mendadak.

Selain itu faktor lainnya adalah tidak melakukan servis secara rutin, sehinga settingan mesin telah mengalami perubahan. Faktor keempat yang turut mempengaruhi penggunaan bahan bakar adalah suhu. Makin panas suhu udara, maka penguapan bahan bakar akan semakin tinggi.

Terakhir, kondisi fisik motor. Misalnya, ban kempes atau kurang angin, penggunaan aksesori bodi yang berat dan mengakibatkan bertambahnya hambatan udara, atau beban angkut yang berlebihan.

Reporter : Nazarudin Ray

(kpl/nzr/tys)

BERI KOMENTAR