HOME » BERITA » KUMPULAN MOTOR JOKOWI, REVIEW DAN SPESIFIKASINYA

Kumpulan Motor Jokowi, Review dan Spesifikasinya

Kamis, 08 November 2018 13:45 Editor : Ahmad Muzaki
Jokowi mengendarai motor kustom ke pasar Anyar (Liputan6.com/HO/Biro Pers Setpres)

OTOSIA.COM - Presiden Republik Indonesia ke-7, Joko Widodo terkenal dengan gaya milenial. Terbukti dengan gemarnya kakek dari Jan Ethes ini terhadap sepeda motor, terutama motor kustom. Tak tanggung-tanggung, motor kustom yang sudah menjadi kendaraanya bergenre ala motor Eropa.

Karena kecintaannya dengan motor kustom anak bangsa, Jokowi kerap memesan langsung motor kustom dari builder tanah air. Ini membuktikan bahwa motor kustom buatan putra Tanah Air tak kalah keren dengan buatan negara lain, buktinya ya motor Jokowi!

Apalagi saat ini dunia industri Indonesia menerapkan Industri 4.0. Sehingga industri kreatif seperti bengkel motor kustom akan bisa berbicara banyak dalam menopang perekonomian Indonesia.

Melalui motor Jokowi, dunia motor kustom Tanah Air mulai menunjukkan kreasinya. Banyak builder kreatif yang sudah memiliki prestasi tinggi baik di Nasional maupun Internasional. Bapak dari Kaesang Pangarep ini mempunyai motor kustom apa aja sih? Yuk, cari tahu motor Jokowi di ulasan berikut ini!

Motor Jokowi Chopperland

Motor Jokowi pertama yang sempat membuat masyarakat Indonesia heboh adalah motor Jokowi bergenre Chopperland berkelir emas. Motor Jokowi ini sendiri merupakan hasil kustom dari basis Royal Enfield Bullet 350. Kreator motor Jokowi berkelir emas Chopperland adalah bengkel Elders Garage.

Ternyata motor Jokowi Chopperland ini dibeli sang Presiden dengan harga motor Jokowi Rp140 juta. Yang menarik adalah, meski sudah dibeli, motor Jokowi satu ini dibawa ke Jepang untuk dipamerkan di ajang kontes modifikasi sepeda motor. Tentu hal ini sudah mendapat izin Presiden ya!

Meskipun dipajang di kontes modifikasi tersebut, ternyata pengunjung tidak tahu bahwa itu adalah motor Jokowi atau motor RI1. Perlu diketahui juga motor Jokowi Chopperland menggunakan mesin 350cc dan untuk surat kendaraan, serta pelat nomer lengkap semua.


Replika Motor Jokowi Chopperland

Motor Jokowi Chopperland berwarna emas berbasis Royal Enfield Bullet 350 sempat menghebohkan dunia motor kustom Indonesia. Karena banyaknya minat terhadap model motor seperti motor Jokowi tersebut, sang builder menawarkan replikanya. Bahkan sama persis dengan motor Jokowi Chopperland Emas.

Namun, replika motor Jokowi ini dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan harga motor Jokowi. Perbedaan harga sampai Rp60 juta, karena harga replika motor Jokowi ini dihargai Rp200 juta, sedangkan harga motor Jokowi hanya Rp140 juta.

Menariknya lagi, pembeli replika motor Jokowi akan mendapatkan tambahan miniatur motor dan pelakat. Semakin memorable! Selain itu, apabila pembeli ingin mengubah bagian lain dari replika motor Jokowi, sang builder siap membantu, tentu dengan biaya tambahan.  

Motor Jokowi Tracker

Motor Jokowi bergaya Tracker (Ig: @katrosgarage)

Setelah memiliki motor Jokowi Chopperland, sang Presiden memiliki motor baru hasil kustom dari Kawasaki W175 dengan genre Tracker. Ubahan dari motor kustom ini dikerjakan oleh bengkel Katros garage.

Cukup menarik motor Jokowi Tracker ini, karena didesain lebih gambot dari versi aslinya atau versi standard Kawasaki W175, terutama pada bagian kaki-kaki. Bagian suspensi depan diganti dengan suspensi Upside-Down milik Yamaha Xabre, sedangkan suspensi bagian belakang menggunakan suspensi aftermarket.

Ada yang spesial dari motor Jokowi Tracker ini, yaitu plat emboss. Aksesori ini menampilkan nama Jokowi di tangki sepeda motor.

Motor Jokowi Bobber

Pada hari minggu (04/11) Jokowi kembali melakukan blusukan dengan motor Jokowi baru, kali ini motor kustom bergenre Bobber. Motor Jokowi tersebut diajak untuk menuju ke pasar Anyar, Tangerang, Banten.

Ternyata motor Jokowi Bobber ini merupakan ubahan dari motor Jokowi Tracker sebelumnya. Cerita singkatnya motor Jokowi Tracker merupakan motor kustom Kawasaki W175 versi sementara. Ini dikarenakan pak Jokowi hanya memberikan waktu kurang satu minggu untuk menyelesaikan motor Jokowi terbaru.

Karena tidak bisa menyelesaikan dan pak Jokowi membutuhkan tunggangan ketika akan bertugas, akhirnya permintaan motor Jokowi genre Bobber dirubah menjadi motor Jokowi Tracker atau versi sementara.

Dan akhirnya pada kunjungan di pasar Anyar tersebutlah motor Jokowi Bobber selesai dengan desain ala motor Eropa. (Baca juga: Simak Ubahan Pada Motor Kustom Baru Jokowi)

Menariknya dari motor Jokowi Bobber ini adalah didesain rigid, terutama pada bagian suspensi belakangnya. Tentu model seperti ini ada kelebihan dan kekurangannya? Sejatinya bagian suspensi belakang ini merupakan permintaan sang Presiden langsung, kesan klasik makin terasa! Pada dasarnya model suspensi rigid seperti ini biasa digunakan untuk lifestyle, jadi bukan untuk kebut-kebutan.

Dengan desain klasik menawan, ternyata motor Jokowi Bobber satu ini memang hanya diciptakan untuk sang presiden. Karena untuk posisi berkendara dibuat sangat nyaman dan enak yang cocok untuk pemiliknya. Sehingga jika digunakan orang lain akan sangat terasa kekurangan dari motor Jokowi Bobber.

Namun, ketika diajak mengunjungi pasar Anyar, motor Jokowi Bobber bagian lampu depan tidak menyala. Ini tentu menjadi pusat perhatian publik, pasalnya ini melanggar aturan lalu lintas. Lalu, bagaimana tanggapan dari builder motor Jokowi ini? (Baca: Lampu Motor Kustom Jokowi Tidak Menyala, Kok Bisa?)

Sebagai motor kustom, tentu banyak ubahan yang dilakukan oleh sang builder. Jika dilihat, motor Jokowi Bobber ini mendapatkan banyak ubahan di sektor kaki-kaki. Pada suspensi depan menggunakan suspensi upside-down dan bagian belakang menggunakan suspensi model rigid. Lalu, bagaimana dengan spesifikasi lainnya dari motor Jokowi Bobber ini. Di bawah sudah disediakan tabel spesifikasi singkat motor Jokowi Bobber.

Spesifikasi Singkat Motor Jokowi Bobber

Pelek Depan

Aluminium ukuran 3.00-16

Pelek Belakang

Aluminium ukuran 3.50-16

Fork Depan

Tipe upside down

Ban Depan & Belakang

5.00-16

Lampu Depan

LED 5.75 inch

Lampu Sein

Aftermarket

Lampu Stop

Aftermarket

Stang

Model drag bar

Spion

Aftermarket

Tangki

Handmade by Katros Garage (pelat galvanis 1,2 mm)

Spakbor depan & belakang

Handmade by Katros Garage (pelat galvanis 1,2 mm)

Cover Body samping

Handmade by Katros Garage (pelat galvanis 1,2 mm)

Jok

Kulit jok sintetis warna hitam

Knalpot

Custom full stainless


Video Aksi Jokowi Naik Motor

Dalam kunjungan kerja, Presiden Jokowi kerap menggunakan sepeda motor sebagai tunggangannya. Entah itu motor kustom atau motor standard. Selain motor kustom, Jokowi juga pernah menaiki motor trail untuk meninjau beberapa daerah di Indonesia yang memiliki kondisi medan jalan yang beragam. Seperti di video berikut ini!

 (kpl/ahm)

BERI KOMENTAR