HOME » BERITA » MOTOR KECIL HARLEY-DAVIDSON SIAP JELAJAH PASAR ASIA TAHUN DEPAN

Motor Kecil Harley-Davidson Siap Jelajah Pasar Asia Tahun Depan

Harley-Davidson telah memastikan bahwa motor 250 - 500 cc mereka untuk pasar Asia akan dirilis pada tahun 2020 mendatang.

Rabu, 29 Mei 2019 15:15 Editor : Cornelius Candra
Motor Kecil Harley-Davidson Siap Jelajah Pasar Asia Tahun Depan
Harley-Davidson Street 750 (bizjournals.com)

OTOSIA.COM - Pada pertengahan tahun 2018 lalu Harley-Davidson sempat menyatakan bahwa mereka ingin serius dalam menggarap pasar otomotif Asia. Karena itu, pabrikan ikonik asal Amerika tersebut mengembangkan motor kecil berkapasitas 250 - 500 cc.

Di penghujung 2018, Harley-Davidson mulai mencari pabrikan India untuk diajak berkolaborasi dalam pengembangan sekaligus penjualan motor 500 cc ini. Sayangnya, mereka masih belum menemukan partner yang cocok.

Meski demikian, mengutip dari Zigwheels.com, Harley-Davidson telah memutuskan untuk mulai menggarap pasar otomotif Asia dengan merilis motor baru 500 cc pada tahun 2020 mendatang.

Diprediksi mesin motor baru Harley-Davidson ini tak akan meninggalkan ciri khasnya, yaitu 2-silinder V-twin. Konfigurasi ini menghasilkan suara yang unik dan berbeda dari pabrikan lainnya.

Karena bermain di pasar Asia, salah satu pekerjaan rumah Harley-Davidson ialah menjaga harga jual motor barunya. Agar mampu bersaing dengan produk di segmen 250 - 500cc, banderol produk mereka di India tak boleh lebih dari INR970.000 atau Rp200 jutaan (Kurs INR1 = Rp206).

Kemungkinan setelah menjelajah India, motor baru 250 - 500 cc Harley-Davidson ini akan membidik pasar otomotif Indonesia. Dengan demikian, pilihan model pabrikan yang bermarkas di Milwaukee itu akan semakin banyak dan lebih terjangkau. Menarik untuk ditunggu.

1 dari 1 Halaman

Motor 250 cc Harley-Davidson

Motor Kecil Harley-Davidson Siap Jelajah Pasar Asia Tahun DepanMotor 250 cc Harley-Davidson

Beberapa waktu lalu, Harley-Davidson sempat mengumumkan bahwa mereka berkeinginan menggarap segmen entry-level dengan kubikasi antara 250cc sampai 500cc. Kabarnya, pabrikan asal Amerika Serikat (AS) ini menjadikan Asia sebagai target pasarnya.

Kini, mengutip dari Young-machine.com, motor yang nantinya bernama XR250 itu siap diproduksi. Bahkan, media Jepang tersebut juga membuat terkaan wujud asli motor tersebut berdasarkan desain yang beredar.

Secara visual, XR250 akan memiliki bentuk yang jauh berbeda dengan berbagai model Harley-Davidson pada umumnya. Motor ini terlihat jauh lebih futuristik dan penampilannya cukup radikal.

Tengok saja sektor depannya yang tak hanya dibekali headlight bulat, tapi semacam plat. Selain itu, spionnya juga terletak di ujung stang atau disebut juga sebagai spion bar-end.

Berlanjut ke tengah, diprediksi bahwa Harley-Davidson akan menerapkan sistem unibody sehingga tangki, cover samping, dan buntutnya merupakan 1 bagian. Selain itu, bentuk tangki juga dibuat meruncing dan ramping.

Komponen lain yang menarik perhatian ialah sasis. Rangka Harley-Davidson XR250 bisa dibilang merupakan penemuan baru karena memang bentuknya yang tak lazim. Selain itu, di bawah mesin terdapat undercowl minimalis berwarna hitam.

Di sektor belakang, buntutnya dibuat meruncing dan pendek, mirip motor retro. Harley-Davidson XR250 juga tidak memiliki spakbor seperti motor pada umumnya, tetapi mengadopsi mud-guard yang menjadi 1 dengan swing-arm.

Untuk urusan jantung penggerak, XR250 dibekali mesin 2-silinder V-twin khas Harley-Davidson berkapasitas 250cc. Namun, ada kemungkinan bahwa pabrikan asal negeri Paman Sam ini akan menggunakan mesin 2-silinder inline atau bahkan 1-silinder guna menjaga harganya tetap terjangkau.

Sementara itu, sektor kaki-kakinya tak terlalu istimewa dengan suspensi teleskopik di depan dan belakang ditopang monoshock. Harley-Davidson XR250 juga akan menggunakan velg 17 dengan ban berprofil tinggi.

 

BERI KOMENTAR