HOME » BERITA » MOTOR KNALPOT BERISIK, KINI TAK BOLEH MASUK SPBU PERTAMINA

Motor Knalpot Berisik, Kini Tak Boleh Masuk SPBU Pertamina

Jum'at, 24 November 2017 16:02 Editor : Rohimat Nurbaya
SPBU Pertamina (merdeka.com)

OTOSIA.COM - Aparat kepolisian sedang gencar menindak sepeda motor menggunakan knalpot bising. Alasannya karena mengakibatkan polusi suara. Tak hanya polisi, kini PT Pertamina (Persero) akan bertindak tegas terhadap pengguna motor yang pakai knalpot bising. 

Vice President Coorporate Communication PT Pertamina Adiatma Sardjito mengatakan, rencananya Pertamina tidak melayani pemilik motor yang me‎nggunakan knalpot bising ketika hendak mengisi BBM di SPBU.

"Kami ke depan akan lebih tegas, enggak boleh masuk SPBU. Di pintu SPBU akan ditolak,"‎ ujar Adiatma.

Motor menggunakan knalpot bising dinilai bisa mengancam keselamatan. Kendaraan yang menggunakan knalpot bising dapat memicu kebakaran saat mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Karena itu, Pertamina akan melarang kendaraan yang menggunakan alat pembuangan hasil pembakaran mesin atau knalpot tidak standar masuk ke area SPBU.

Adiatma mengatakan, pelarangan tersebut untuk kepetingan keselamatan, dilatarbelakangi kekhawatiran terhadap kebakaran yang diakibatkan percikan api dari knalpot yang tidak sesuai standar.

Dia menuturkan, meski tidak sedang mengisi BBM‎, mesin kendaraan dengan knalpot tidak standar yang menyala, dapat memicu kebakaran karena di lingkungan SPBU ada uap BBM yang mudah tersambar api.

"Itu sama sekali tidak safety, kami tegas karena awalnya nggak menduga terjadinya kebakaran akibat knalpot yang mengeluaran bunga api," tuturnya.

Adiatma meminta masyarakat mengerti dan tidak tersinggung saat ditegur petugas di SPBU, karena semua dilakukan demi menjaga keselamatan bersama.

"Kami minta konsumen harus safety, bukan hanya hak dan kewajiban, jangan tersinggung kalau ditegur," jelas dia.

 (kpl/mat)

BERI KOMENTAR