HOME » BERITA » MOTOR KUSTOM IDENTIK HARUS MESIN CC BESAR, BENARKAH BEGITU?

Motor Kustom Identik Harus Mesin CC Besar, Benarkah Begitu?

Sepeda motor kustom di Indonesia kerap kali jadi sorotan bahkan sampai ke luar negeri. Paduannnya bisa sangat gila, dan hal itu diakui oleh pihak-pihak mancanegara.

Minggu, 07 Oktober 2018 16:45 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Nazarudin Ray

OTOSIA.COM - Sepeda motor kustom di Indonesia kerap kali jadi sorotan bahkan sampai ke luar negeri. Paduannnya bisa sangat gila, dan hal itu diakui oleh pihak-pihak mancanegara.

Namun, sering kali bahwa sepeda motor kustom Indonesia yang menonjol sampai ke ranah dunia identik dengan sepeda motor bermesin atau ber-cc besar. Pada akhirnya tidak bisa ditampik kalau hal ini memunculkan pakem tersendiri.

Pertanyaan ini pun sampai ke telinga builder kawakan nan legendaris asal Jepang, Shige Suganuma dari Mooneyes. Shige datang ke Kustomfest 2018 di Yogyakarta dan coba memberikan pandangan atas pakem tadi.

Foto by Nazarudin Ray

Pada dasarnya, pakem adalah sesuatu yang sulit dikotak-kotakkan di dalam dunia kustom.

"Jika dibanding-bandingkan, ini sebenarnya sesuatu yang sulit. Sebab, tiap daerah, custom culture-nya bisa berbeda-beda. Custom culture juga punya dunia yang sama, tetapi juga tergantung dari mana dia berasal," ujarnya.

Entah itu dunia custom di Jepang, Eropa, Amerika, atau jika bicara Asia, ada Thailand, tiap negara menurutnya punya sisi tersendiri, dan sulit untuk dikomparasi.

Namun jika bicara keharusan mesin besar, Indonesia harusnya melirik Jepang sebagai saudara se-Asia. Kedua negara ini sendiri akrab dengan motor-motor kecil.

"Tidak harus dengan mesin besar. Kalau suka dengan yang kecil, buatlah. Seperti sepeda motor Jepang banyak juga bermesin kecil. Angkat saja keunikan dari negara kalian," kata dia.

(kpl/nzr/tys)

BERI KOMENTAR