HOME » BERITA » MOTOR MOGOK SETELAH DICUCI, INI BIANG KEROKNYA

Motor Mogok Setelah Dicuci, Ini Biang Keroknya

Tak jarang mencuci sepeda motor menjadi musibah, salah satunya adalah mogok. Terkadang kendaraan tersebut setelah dicuci sulit untuk dihidupkan.

Minggu, 23 Juni 2019 10:15 Editor : Ahmad Muzaki
Motor Mogok Setelah Dicuci, Ini Biang Keroknya
Ilustrasi mencuci sepeda motor (dissolve.com)

OTOSIA.COM - Mencuci sepeda motor menjadi hal wajib ketika sudah sangat kotor. Apalagi kalau pengendara berprofesi sebagai ojol, penampilan diri dan motor harus dijaga semaksimal mungkin. Tentu tak ingin bukan bila nantinya ada komplain dari konsumen.

Namun, tak jarang juga mencuci motor menjadi musibah, salah satunya adalah mogok. Terkadang kendaraan tersebut setelah dicuci sulit untuk dihidupkan.

Ternyata ada beberapa komponen motor yang bisa saja terkena dampak dari mencuci tersebut. Sehingga tidak beroperasi seperti biasanya. Oleh sebab itu, dilansir dari Suzuki Indonesia, setelah bersih-bersih sepeda motor usahakan untuk mengecek 3 komponen berikut.

1 dari 3 Halaman

Karburator

Motor Mogok Setelah Dicuci, Ini Biang KeroknyaKarburator

Yang pertama adalah Karburator yang berfungsi untuk tempat pembakaran bahan bakar. Nah, mencuci motor terkadang akan ada air yang tidak sengaja masuk ke komponen ini, sehingga menggangu fungsinya.

Solusinya adalah membersihkan karburator dengan membukanya, tetapi jangan lupa sebelumnya untuk menutup kran bensin.

2 dari 3 Halaman

Perangkat sistem pengapian

Motor Mogok Setelah Dicuci, Ini Biang KeroknyaPerangkat sistem pengapian

Air memang menjadi biang kerok sepeda motor mogok setelah dicuci. Karena tak terlalu berhati-hati saat membersihkan, air bisa saja merembes ke cop busi sehingga bagian elektroda lembab.

Hal tersebut tentu akan mengganggu kelistrikan di komponen itu, sehingga motor tak kunjung menyala.

3 dari 3 Halaman

Kop busi

Motor Mogok Setelah Dicuci, Ini Biang KeroknyaKop busi

Tidak hanya bagian elektroda busi saja, kop busi juga harus diperhatikan setelah mencuci motor. Seperti halnya elektroda, air dapat merembes dan membasahi kop busi, sehingga kelistrikan bisa terganggu.

Perlu diketahui juga, kop busi bertugas sebagai penyambung antara busi dengan kabel busi. Solusi ketika komponen ini kemasukan air adalah mencopot dan membersihkannya dengan kain kering.

BERI KOMENTAR