HOME » BERITA » MOTOR SUDAH LAMA TAK DIGUNAKAN, WAJIB GANTI OLI?

Motor Sudah Lama Tak Digunakan, Wajib Ganti Oli?

Roda dua yang sudah lama tidak digunakan, oli atau pelumasnya wajib diganti. Kenapa?

Jum'at, 29 Mei 2020 17:15 Editor : Ahmad Muzaki
Motor Sudah Lama Tak Digunakan, Wajib Ganti Oli?
Montir menservis dan ganti oli motor milik buruh secara gratis di Lapangan Ahmad Yani, Tangerang, banten (1/5). Lebih 500 sepeda motor medapatkan servis dan ganti oli secara gratis oleh Serikat Pekerja Seleruh Indonesia. (Merdeka.com/Arie Basuki)

OTOSIA.COM - Banyak kebijakan yang telah dikeluarkan pemerintah untuk putus mata rantai penyebaran Corona (COVID-19) di Indonesia. Salah satunya adalah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah. Sehingga banyak warga yang batasi aktivitasnya di luar rumah.

Tidak hanya manusia, kendaraan pun juga jadi tidak digunakan, baik mobil maupun motor. Namun perlu diingat, roda dua yang sudah lama tidak digunakan, oli atau pelumasnya wajib diganti. Kenapa?

1 dari 2 Halaman

Melansir laman resmi Federal Oil, penggantian oli dimaksudkan untuk memberikan pelumasan sempurna pada komponen mesin. Oli yang lama tidak digunakan dan mengendap di dalam mesin, tentu memiliki struktur yang berbeda, belum lagi dengan tidak dihidupkannya mesin motor terjadi banyak proses di dalam mesin.

Misalnya saja adanya embun yang terbentuk di dalam mesin karena kondisi cuaca yang dingin, akibat motor tidak pernah dipanaskan, embun tadi akan memengaruhi kinerja oli. Jadi, motor yang sudah lama tidak hidup ini jangan langsung dinyalakan.

Langkah pertama dalam posisi kontak off, motor diselah atau diengkol menggunakan kick starter selama beberapa kali, maksudnya agar oli yang mengendap di dasar crankcase bersirkulasi lagi ke semua bagian mesin, sekaligus menyapu embun pada beberapa bagian.

2 dari 2 Halaman

Cek Komponen Lain

Kemudian Otolovers baru kuras atau buang oli mesin dan ganti dengan oli baru. Setelah oli baru masuk ke ruang mesin, cek juga bagian lainnya seperti kelistrikan, sistem bahan bakar, dan juga kondisi angin dalam ban. Pastikan semuanya dalam kondisi yang prima.

Namun jangan langsung pakai jalan sepeda motor usai mesin dinyalakan. Biarkan dulu mesin hidup selama tiga menit untuk memberikan kesempatan mesin bekerja pada suhu ideal.

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR