HOME » BERITA » MOTORAN SAAT HUJAN, BEGINI 5 TIPS AMAN MELAKUKAN PENGEREMAN

Motoran Saat Hujan, Begini 5 Tips Aman Melakukan Pengereman

Wajib tahu, begini tips-tips melakukan pengereman saat musim hujan agar selamat

Minggu, 25 Oktober 2020 09:15 Editor : Ahmad Muzaki
Motoran Saat Hujan, Begini 5 Tips Aman Melakukan Pengereman
Ilustrasi motoran saat hujan (Visordown)

OTOSIA.COM - Indonesia saat ini mulai memasuk musim hujan. Sebagian daerah pun beberapa kali telah diguyur hujan lebat hingga menyebabkan banjir.

Guyuran hujan memang membuat kondisi jalan menjadi basah. Tak hanya itu saja, permukaan aspal juga menjadi lebih licin dari biasanya. Oleh sebab itu, pengendara harus ekstra hati-hati saat melintasinya.

Yang kerap membuat pemotor terjatuh atau kecelakaan adalah salah dalam melakukan pengereman. Lalu sebenarnya seperti apa pengereman yang benar saat jalanan diguyur hujan? Melansir dari laman Federal Oil, berikut ini 5 tipa aman mengerem saat hujan.

1 dari 5 Halaman

1. Mengerem dengan 4 Jari

Baik saat hujan atau tidak, sebaiknya Otolovers menggunakan 4 jari saat melakukan pengereman ban depan. Pasalnya hal itu membuat pengereman lebih maksimal dalam menghentikan laju motor.

2 dari 5 Halaman

2. Lepaskan Gas Motor

Selain melakukan pengereman, hal terpenting lainnya adalah melepaskan gas motor.

Tentu hal ini dilakukan agar motor yang dikendarai segera berhenti. Sebab percuma saja jika pengereman sudah maksimal tetapi handle gas tetap ditarik.

3 dari 5 Halaman

3. Pegang Stang Motor dengan Kuat

Saat berkendara dengan kondisi jalan yang basah, roda motor bisa lebih mudah selip. Nah, jika kondisi itu terjadi, Otolovers harus memegang stang motor dengan erat dan kuat. Agar laju kendaraan tetap bisa dikendalikan.

4 dari 5 Halaman

4. Kurangi Kecepatan Secara Bertahap

Sejatinya mengurangi kecepatan secara bertahap ketika motoran tidak hanya dilakukan saat jalanan basah saja, tetapi ketika kering juga. Namun saat kondisi basah tips yang satu ini harus benar-benar dilakukan.

Hal ini dilakukan untuk menhindari ban selip. Sebab saat jalanan basah kondisi seperti itu sangat mudah terjadi.

5 dari 5 Halaman

5. Hindari Penggunaan Rem Belakang

Menggunakan rem belakang saat jalanan basah cukup berisiko. Jika tanpa perhitungan yang tepat, roda belakang malah selip dan akibat terburuknya adalah terjatuh.

BERI KOMENTAR