HOME » BERITA » MPV BARU ASAL TIONGKOK SIAP JEGAL DOMINASI TOYOTA INNOVA?

MPV Baru Asal Tiongkok Siap Jegal Dominasi Toyota Innova?

Merek otomotif Tiongkok BYD dikabarkan akan berjualan di indonesia. Salah satu mobilnya bisa menjadi rival Toyota Innova, jika dirilis secara lokal.

Selasa, 04 Januari 2022 19:15 Editor : Redaksi Otosia
MPV Baru Asal Tiongkok Siap Jegal Dominasi Toyota Innova?
BYD Song Max (insideevs.com)

OTOSIA.COM - Tahun 2022 bakal diramaikan dengan kehadiran mobil baru dari beragam merek. Di antara merek tersebut, ada empat brand asal Tiongkok yang siap hadir, yakni Chery, WM Motor, Great Wall Motor, dan Build Your Dreams (BYD).

Nama brand yang terakhir belum lama ini dikabarkan mulai memproduksi sekaligus berjualan mobil di Indonesia.

"BYD juga sudah berniat masuk ke Indonesia, bukan hanya ingin mendapatkan pasar penjualan, tapi juga berniat produksi," ungkap Kukuh Kumara, Sekertaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada acara Ngobrol Virtual Santai (Ngovsan) yang digelar oleh Forwot beberapa waktu lalu.

Yang menarik, BYD mempunyai satu produk MPV yang ditengarai cocok untuk masyarakat Indonesia.

1 dari 4 Halaman

BYD Song Max

Interior BYD Song Max (dailyrevs.com)

Melansir situs al-zayani.com/byd, MPV tersebut diberi nama Song Max. Mobil tersebut mengusung desain modern dan dinamis dari luar maupun dalam.

Secara tampilan BYD Song Max mempunyai bentuk cukup membulat dengan styling agresif. Mobil itu dilengkapi grill besar, lampu depan LED projector, atap floating, lampu belakang LED, dan pelek bermotif jari-jari.

Sementara dari sisi kabin, MPV itu bisa menampung tujuh penumpang atau enam penumpang. Opsi lain kursi bench bisa dirubah menjadi captain seat untuk baris kedua.

2 dari 4 Halaman

Tidak hanya itu, Song Max juga dilengkapi panoramic sunroof besar, speeedometer digital dan head unit berukuran 12.8 inci untuk memanjakan pengemudi dan penumpang selama perjalanan.

Sistem keselamatan mobil ini belum banyak terungkap. Situs tersebut hanya menjelaskan bahwa BYD Song Max mempunyai enam airbags dan kamera 360 derajat dengan panoramic view. Namun peranti keselamatan aktif, seperti Advanced Driver Assistance System (ADAS) tidak disebutkan.

3 dari 4 Halaman

Harga

Sisi belakang BYD Song Max (dailyrevs.com)

BYD Song Max ditawarkan dengan dua pilihan mesin. Pertama adalah Song Max 1.500cc turbo dengan semburan tenaga 160 hp dan torsi 245 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi Dual Clutch Transmission (DCT) 6 percepatan.

Sedangkan Song Max PHEV dibekali mesin yang sama, dan dikawinkan dengan motor listrik berdaya 148 hp dan torsi 250 Nm.

4 dari 4 Halaman

Untuk harga, BYD Song Max bermesin bensin paling mahal dibanderol 129.900 Yuan atau Rp 291,4 juta (dengan kurs 1 Yuan = Rp 2.243,64), lalu Song Max PHEV termewah dijual 196.900 Yuan atau Rp 441,7 juta.

Meski BYD berencana meramaikan pasar roda empat di Indonesia, merek Tiongkok ini belum memberikan pengumuman resmi mengenai model apa saya yang bakal dipasarkan di tanah air. Namun, jika Song Max masuk Indonesia, maka ia akan menjadi pesaing terdekat Toyota Innova.

BERI KOMENTAR