HOME » BERITA » MPV KELUARGA GANTI PELEK, BERAPA UKURAN YANG DITOLERIR?

MPV Keluarga Ganti Pelek, Berapa Ukuran yang Ditolerir?

Mengganti pelek MPV keluarga dianjurkan untuk tidak melewati batas ukuran yang ditolerir karena dapat menganggu kenyamanan

Jum'at, 08 Mei 2020 09:15 Editor : Nazarudin Ray
MPV Keluarga Ganti Pelek, Berapa Ukuran yang Ditolerir?
Ilustrasi pelek aftermarket (Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Pelek kendaraan, khususnya mobil punya beragam jenis dan ukuran. Apalagi di tengah tren modifikasi ringan yang mengalir deras di tengah tuntutan rasa bosan, desain-desain baru dari pelek pun bermunculan dan dibuat dengan berbagai cara.

Banyaknya pilihan pelek menggoda pemilik kendaraan untuk mengganti bawaan pabrik dengan pelek aftermarket. Khusus untuk MPV keluarga, seperti Avanza atau Ertiga, sebelum mengganti pelek, yang perlu juga dipikirkan adalah kenyamanan keluarga.

Aldi Rais, Community Manager HSR Wheel pun memberi masukan bagi pemilik MPV keluarga yang ingin mempercantik bagian kaki-kaki, terutama modelnya. Dia katakan, pilih pelek sebenarnya susah-susah gampang. Tapi yang utama adalah masalah keamanan dan kenyamanan jika dipakai harian.

1 dari 2 Halaman

"Standarnya, modif pelek itu maksimal naik 2 inchi dari pelak bawaan mobil. Misalanya, Avanza pelek bawaannya ring 14, nah berarti bisa dimodif sampai ring 16. Ini yang dianjurkan dan banyak dipakai anak-anak yang hobi otomotif, sehingga masih nyaman untuk bawa keluarga," terang Aldi.

Namun demikian ukurannya bukan tidak bisa dinaikan lebih tinggi lagi, misalnya menjadi ring 17 atau 18. Konsekuensinya, kenyamanan kerap menjadi tumbal karena ban yang dipakai menjadi lebih tipis.

"Tapi tampilan mobilnya memang jadi lebih bagus. Namun untuk bensin jadi lebih boros karena mesin harus kerja ekstra muterin roda," tukasnya.

 

 

2 dari 2 Halaman

"Untuk pilihan bahan pelek, rata-rata pelek di Indonesia itu bahannya alumunium alloy. Itu sudah sangat proper untuk mobil yang di pakai untuk keluarga atau harian," tambahnya.

Perlukah ganti pelek diikuti dengan mengganti ban? Aldi menyebut tidak perlu jika pelek MPV keluarga seukuran bawaan mobil. "Kalau ganti peleknya seukuran sama pelek yang lagi dipakai tidak perlu ganti ban, masih bisa pakai ban yang lama. Tapi kalau gantinya beda ukuran, ya harus beli ban juga," imbuhnya.

Aldi menambahkan bahwa mengganti pelek lebih besar bukan berarti menggangu pengendalian atau handling. "Kalau handling, harusnya lebih enak karna lebih banyak area yang napak sama aspal. Jadi handling controlnya lebih baik," tutupnya.

BERI KOMENTAR