HOME » BERITA » MPV PREMIUM HYUNDAI STARIA PUNYA VERSI VAN, BERAPA HARGANYA?

MPV Premium Hyundai Staria Punya Versi Van, Berapa Harganya?

Hyundai Staria di Indonesia hadir sebagai MPV Premium. Beda cerita di negara lain, Hyundai Staria ternyata juga tersedia sebagai mobil niaga.

Rabu, 25 Agustus 2021 19:15 Editor : Arendra Pranayaditya
MPV Premium Hyundai Staria Punya Versi Van, Berapa Harganya?
Hyundai Staria Van (Hyundai Europe)

OTOSIA.COM - Baru-baru ini PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi merilis Hyundai Staria. Mobil tersebut diposisikan di segmen MPV premium. Pesaing terdekatnya adalah Toyota Alphard dan Honda Odyssey.

Selain menjadi MPV premium, Hyundai Staria ternyata juga ditawarkan sebagai mobil niaga dengan nama sedikit berbeda, yakni Hyundai Staria Van. Mobil tersebut dijual di beberapa negara seperti Filipina, Australia, serta Eropa.

Untuk pasar Eropa, Hyundai Staria Van memiliki tampilan yang cukup berbeda dibandingkan Staria pada umumnya.

1 dari 5 Halaman

Hyundai Staria Van digunakan untuk mengangkut barang (Hyundai Europe)

Memiliki desain futuristik dengan adanya garis LED memanjang di depan, namun jumlah lampu utamanya berkurang, dari 8 kotak menjadi 4 kotak. Grille depannya hanya tersedia dalam warna hitam.

Di bagian samping, jumlah kaca yang digunakan berbeda. Jika sebelumnya Hyundai Staria mempunyai kaca besar dari depan sampai belakang, di Staria Van kaca hanya sampai baris kedua. Bahkan ada opsi di mana tidak ada kaca belakang sama sekali. Hal ini terkait dengan pilihan 3 seat atau 6 seat.

2 dari 5 Halaman

Sisi belakang Staria Van terlihat tidak berbeda dengan model Staria biasa. Lampu belakang LED yang memanjang ke bawah pun masih disematkan Hyundai pada Staria Van, namun hanya spoiler di atas pintu bagasi dihilangkan.

Hyundai Staria Van 6 seat (Hyundai Europe)

Pelek yang digunakan mempunyai desain yang lebih sederhana. Selayaknya mobil niaga, Staria Van menggunakan pelek kaleng atau pelek enam palang yang sama-sama berukuran 17 inci. 

 

3 dari 5 Halaman

Kabin Hyundai Staria Van lebih sederhana dibandingkan Staria premium. Untuk konfigurasi 3 seat, baris kedua tidak tersedia tempat duduk sama sekali, membuatnya sebagai mobil boks dengan kapasitas isi sebesar 4.935 liter. Sedangkan konfigurasi 6 seat di baris kedua tersedia kursi untuk tiga penumpang serta jendela luar.

Menariknya fitur-fitur kenyamanan pada Hyundai Staria biasa tersedia di Staria Van. Perangkat seperti speedometer digital dan head unit berukuran 10.25 inci, roda kemudi modern, rem parkir elektrik, wireless charging, pintu bagasi otomatis, serta sistem konektivitas ke aplikasi Hyundai bernama Bluelink hadir untuk memanjakan pengemudi.

4 dari 5 Halaman

Fitur-fitur keselamatan Hyundai Staria Van (Hyundai Europe)

Teknologi keselematan pada Hyundai Staria Van tergolong memumpuni. Pada mobil ini tersedia Lane Following Assist (LFA), Blind-Spot Collison-avoidance Assist (BCA), Highway Driving Assist (HDA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Forward Collision-avoidance Assist (FCA), Blind Spot View Monitor (BVM), serta Safe Exit Assist (SEA).

 

5 dari 5 Halaman

Dapur pacunya sama dengan Hyundai Staria yang pasarkan di Indonesia. Mesin 2.200cc diesel VGT bawaannya menghasilkan tenaga sebesar 177 PS dan torsi maksimal 430Nm.

Untuk saat ini, baik di Eropa maupun Australia belum disebut harga resminya. Namun kabarnya harga Staria Van dibawah Staria Premium. 

Sebagai gambaran, Staria Premium di Australia dibanderol mulai dari AUD 53.037 atau Rp 553 juta (dengan kurs AUD 1 = Rp 10.435). Sedangkan Starex Van, pendahulu Staria Van, diberi harga termahal sebesar AUD 50.387 atau Rp 525 juta.

BERI KOMENTAR