HOME » BERITA » MUDAH AUS, RUPANYA ADA TRIK KHUSUS DALAM MENGGANTI KOPLING

Mudah Aus, Rupanya Ada Trik Khusus Dalam Mengganti Kopling

Senin, 25 September 2017 20:45

Mudah Aus, Rupanya Ada Trik Khusus Dalam Mengganti Kopling
Foto: Howstuffworks
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Sebagai salah satu komponen yang paling penting di dalam mobil, kopling punya peran untuk menyalurkan tenaga yang masuk kemudian diarahkan ke roda penggerak supaya kendaraan bisa berjalan sesuai dengan tekanan pada pedal gas yang diinjak oleh pengendara.

Secara teknis kopling memiliki tiga komponen utama yakni kampas kopling, plat tekan hingga pegas kopling. Plat kopling berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin yang berasal dari flywheel untuk kemudian diteruskan kepada pressure plate.

Tujuan utama dari kopling adalah menyatukan dua bagian yang dapat berputar. Dengan pemilihan, pemasangan, dan perawatan yang teliti, performa kopling bisa maksimal, kehilangan daya bisa minimum, dan biaya perawatan bisa diperkecil.

Hanya saja, akibat penggunaannya yang begitu vital, kopling pun dapat dikategorikan sebagai komponen fas moving, atau membutuhkan waktu yang tidak lama sebelum wajib diganti.

Untuk mengganti kopling tidak dapat dilakukan sembarangan, akibat dari letak kampas kopling yang cukup dalam di bagian perut mobil.

Dalam video berikut ini dijelaskan bagaimana kiat mudah dalam mengganti kopling.

 (kpl/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER