HOME » BERITA » MUDIK 2018 NAIK MOTOR, MENDING PAKAI BOX ATAU TAS?

Mudik 2018 Naik Motor, Mending Pakai Box atau Tas?

Selasa, 12 Juni 2018 17:15

Mudik 2018 Naik Motor, Mending Pakai Box atau Tas?
Foto: Istimewa
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Beberapa orang sudah mulai melakukan perjalanan mudik 2018 sejak akhir pekan lalu. Namun, tak sedikit yang masih bekerja dan baru mempersiapkan kepulangannya ke kampung halaman.

Bagi Otolovers yang berencana mudik dengan menggunakan sepeda motor, box dan tas khusus bisa menjadi aksesori menarik untuk membawa barang dan oleh-oleh bagi keluarga. Namun, dengan dadanya dua pilihan tersebut, calon pembeli kerap bingung.

Sebenarnya, baik box maupun tas, memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Simak ulasannya di bawah ini:

1. Box Motor

Salah satu aksesori yang terbilang cukup tren ialah box motor. Biasanya, komponen ini digunakan oleh anggota komunitas motor untuk menampung barang bawaannya ketika touring atau sekedar pergi ke kantor maupun kampus.

Kelebihan dari box motor ialah materialnya yang terbuat dari plastik keras. Hal ini membuat barang bawaan tetap kering meski harus diguyur hujan di tengah perjalanan. Selain itu, box motor biasanya dilengkapi dengan kunci sehingga lebih aman ketika ditinggal beristirahat.

Namun, kelebihan tersebut membuat harganya menjadi cenderung mahal. Apalagi untuk box yang terbuat dari bahan aluminium atau biasa disebut pannier. Selain itu, Otolovers harus membeli dudukan atau bracket sebelum box bisa terpasang.

2. Tas Motor

Tas pada motor sebenarnya terdiri dari berbagai macam. Tank bag merupakan tas yang ditempelkan pada tangki dan didesain untuk pengguna motor sport. Kemudian ada tail bag yang terletak di atas jok belakang dan side bag di samping body motor.

Harga tas motor terbilang lebih murah ketimbang box. Selain itu, pemasangannya cukup mudah tanpa harus membeli part tambahan lain. Tank bag biasanya dilengkapi dengan magnet sehingga bisa melekat pada tangki depan motor sport. Sedangkan tail bag dan side bag memiliki sistem pengikat khusus sehingga tidak akan mudah terjatuh di perjalanan.

Sayangnya, karena terbuat dari kain, tas tak terlalu aman untuk ditinggal di atas motor saat beristirahat. Selain itu, saat diguyur hujan, air bisa merembes ke bagian dalam. Namun, biasanya, tas motor sudah dilengkapi dengan rain cover khusus. Selain itu, ada juga duffle bag yang berbentuk layaknya tas travel biasa namun terbuat dari bahan kedap air.

 (kpl/crn)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-6-12
detail

BERITA POPULER