HOME » BERITA » MUDIK IDUL ADHA JANGAN LUPA JAGA JARAK

Mudik Idul Adha Jangan Lupa Jaga Jarak

Senin, 12 September 2016 12:15 Editor : Ahmad Khoirudin
Ilustrasi Jarak Berkendara (Foto: Arsip Otosia)

OTOSIA.COM - Libur panjang Idul Adha mendorong masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik. Kemacetan pun dapat terjadi akibat volume kendaraan yang menumpuk.

Bagi Anda yang melakukan perjalanan mudik ada baiknya tetap waspada. Kondisi macet sebaiknya tak membuat Anda melupakan untuk menjaga jarak kendaraan.

Jika Anda melihat rambu di jalan bertuliskan jarak aman antar kendaraan yaitu sekitar 100 meter, bukan 50 meter. Lantas mengapa angka ini dapat muncul?

Menurut pebalap nasional sekaligus pemilik Rifat Drive Labs, Rifat Sungkar bahwa waktu reflek seseorang untuk mengambil tindakan pengereman terbilang cukup lama, yakni sekitar 2 sampai 3 detik. Sebagai gambaran, batas minimum kecepatan di jalan tol yakni 60 kilometer per jam, ini artinya dalam satu detik mobil akan menempuh jarak sejauh 16 meter.

Jika dikalikan waktu jeda di atas, berarti kendaraan akan berjalan sepanjang 32 sampai 48 meter hingga pengereman dilakukan. Saat pengereman pun mobil akan tetap melaju dan membutuhkan beberapa saat hingga berhenti.

Dengan pertimbangan itu, artinya 100 meter menjadi jarak aman kendaraan Anda dengan kendaraan di depan. Angka tersebut dapat meningkat seiring kenaikan kecepatan kendaraan Anda.

(kpl/fid/rd)

BERI KOMENTAR