HOME » BERITA » MUDIK LEBARAN 2021 DILARANG, KELUAR MASUK JAKARTA KEMBALI HARUS PAKAI SIKM?

Mudik Lebaran 2021 Dilarang, Keluar Masuk Jakarta Kembali Harus Pakai SIKM?

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berencana menerapkan kembali SIKM Jakarta usai mudik Lebaran 2021 dilarang.

Rabu, 31 Maret 2021 09:15 Editor : Dini Arining Tyas
Mudik Lebaran 2021 Dilarang, Keluar Masuk Jakarta Kembali Harus Pakai SIKM?
Pemeriksaan SIKM di pos Cikupa tahun lalu (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Pemerintah resmi melarang mudik Lebaran 2021. Kini Kementerian Perhubungan juga tengah menyusun aturan tentang transportasi selama masa pelarangan mudik.

Tahun lalu, mudik Lebaran 2020 juga dilarang. Pengawasan ketat pun diterapkan, dengan menerapkan penyekatan-penyekatan di berbagai titik.

Cara lainnya adalah dengan menerapkan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) untuk Jakarta. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patri pun berencana menerapkan kembali SIKM Jakarta usai mudik Lebaran 2021 resmi dilarang pemerintah.

1 dari 3 Halaman

Riza mengaku saat ini pihaknya masih mengkaji rencana penerapan SIKM tersebut. Apabila nanti diterapkan, Pemprov DKI akan mengumumkannya secara resmi.

"SIKM nanti pada waktunya kita akan umumkan," katanya di Makodam Jaya, Selasa (30/3/2021).

Dia kembali mengingatkan bahwa larangan mudik harus didukung demi memutus mata rantai penularan COVID-19.

"Kebijakan pemerintah pusat tentu kita mengapresiasi dan mendukung. Upaya ini tentu dilakukan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid. Kita lihat trennya sudah menurun dan vaksinasi nasional meningkat terus. Kedua upaya ini kita tingkatkan terus jangan sampai terhambat atau terganggu karena mudik massal," jelas Riza Patria. 

2 dari 3 Halaman

Poltikus Gerindra ini memprediksi arus mudik Lebaran tahun ini akan melonjak apabila tidak ada larangan.

"Apalagi tahun lalu tidak mudik, tahun ini mungkin bisa lebih banyak. Karena itu, kebijakan pemerintah sudah cukup baik," ucap Riza.

3 dari 3 Halaman

Silaturahmi Secara Virtual

Dia pun mengimbau kepada warga Jakarta untuk tetap di rumah saja selama Lebaran dan dapat bersilaturahmi secara virtual.

"Warga di seluruh Jakarta agar bisa mengerti bahwa tempat terbaik adalah di rumah bersama keluarga. Jangan sampai kita mudik justru membawa virus untuk warga kita, orangtua, nenek kakek, kerabat di kampung. Lebaran lakukan dengan cara virtual," ujarnya.

Reporter: Delvira Hutabarat

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR